Pelantikan Virtual PPS di Tana Toraja Terkendala Jaringan

Pelantikan virtual PPS Desa Lembang Salu, Tana Toraja. (Foto: IST)

KabarMakassar.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tana Toraja melaksanakan pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) secara virtual, Senin (15/6). Pelantikan tersebut dilaksanakan secara serentak pada seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Tana Toraja.

Terkait hal itu, Ketua KPU Tana Toraja, Rizal Randa mengatakan jika ada dua model pelantikan PPS yang ada di wilayahnya. Pertama, kata dia, pelantikan dilakukan secara virtual dan kedua dilakukan secara tatap muka.

“Kalau di Tana Toraja, pelantikan PPS itu menggunakan dua model yakni secara virtual atau daring dan secara tatap muka secara langsung. Ini dilakukan sebagai antisipasi dan upaya pelaksanaan tahapan Pilkada dengan protokol kesehatan,” kata Rizal Randa.

Ia mengungkapkan sebanyak tiga kecamatan pelaksanaan pelantikan PPS secara serentak melalui virtual dan 16 kecamatan lainnya dilakukan secara tatap muka. “Tiga kecamatan secara virtual itu yakni Kecamatan Mappak, Simbuang, Rano. Tiga kecamatan ini saja masih terkendala jaringan,” ungkapnya.

Menurutnya, proses pelantikan secara virtual ini tidak dilakukan dengan mengumpulkan pada satu tempat. “Jadi sistemnya tidak satu tempat, masing-masing PPS mencari wilayah yang bagus sinyalnya, kemudian dilantik langsung oleh KPU kabupaten,” jelasnya.

“Adapun untuk pelantukan tatap muka pada 16 kecamatan itu dilaksanakan oleh Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) masing-masing. Tentu dengan catatan standar protokol kesehatan karena ini berdasarkan koordinasi kami dengan tim gugus covid-19,” tambanya.

Reporter :

Editor :

Redaksi

Sofyan Basri

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

REKOMENDASI