PCC Obat Jenis G yang Berbahaya

Kabar Makassar —– Indonesia menjadi salah satu negara rawan penyalahgunaan narkoba. Jumlah yang semakin meningkat setiap tahunnya justru semakin sulit ditekan.

Baru-baru ini, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara digegerkan penyalahgunaan obat jenis Paracetamol Cafein Carisoprodol atau PCC. Akibatnya, kurang lebih 50 remaja mengalami gejala kejang-kejang hingga salah seorang diantaranya dikabarkan tewas. Hal ini kemudian membuat Badan Narkotika Nasional (BNN) gencar melakukan pemeriksaan ke setiap apotik dengan menggandeng Badan Pengawas Obat-obatan dan Makanan (BPOM).

Baca juga :   Deng Ical dan ICMI Sulsel Bahas Program Beasiswa Cerdas

Apa itu PCC?
Pil PCC digolongkan dalam obat daftar G dimana penggunanya harus menggunakan resep dokter. Obat ini mengadung Carisoprodol dimana peredarannya sudah dilarang dan ditarik oleh BPOM sejak 2008.

Dilansir dari merdeka.com, ahli kimia Badan Narkotika Nasional (BNN), Kombes Mufti Djusnir menjelaskan kandungan Carisoprodol mempunyai efek yang bisa melemaskan otot dan menghambat rasa sakit antara saraf dan otak. Sebenarnya, obat ini adalah salah satu jenis obat penghilang rasa sakit (analgetik).

Baca juga :   HUT Makassar, 410 Pasangan Nikah Massal

Efek yang ditimbulkan
Obat ini menyebabkan ketagihan sehingga jika dikonsumsi dengan dosis lebih tinggi atau berlebihan, akan berpotensi menyebabkan overdosis yang akhirnya berakibat kematian.

“Gejala awal setelah mengonsumsi PCC adalah denyut nadi yang tidak teratur, demam, muncul keringat dingin, batuk dan pusing. Efek lanjutannya dapat membuat seseorang menjadi kehilangan kontrol terhadap emosi, kejang, hilang kesadaran, bahkan mengakibatkan kematian,” jelasnya.

Baca juga :   Dukung Gerakan Masyarakat Sehat (Germas), BPJS Kesehatan Tetapkan Bulan Deteksi Dini Kanker Serviks

Oleh karena itu, pengawasan terhadap orang di sekitar perlu dilakukan untuk agar terhindar dari penyalahgunaan narkoba.

[divider sc_id=”sc387680913023″]divider-2[/divider]

[team layout=”4″ staff=”489″ sc_id=”sc106230478033″]