Patung Ayam Jantan Daya Adalah Simbol Petarung dari Negeri Timur

Patung Ayam Jantan Daya Makassar

Kabar Makassar– Salah satu icon yang ada di kota Makassar selain Anjungan Pantai Losari adalah Patung Ayam Jantan yang terletak di jalan Perintis Kemerdekaan, Daya, yang juga menjadi pintu masuk jalur darat pendatang dari luar kota Makassar.

Tidak banyak yang tahu pasti asal muasal dari Patung Ayam Jantan setinggi kira kira 20 meter dan berdiri kokoh tepat di samping pasar lama jalan Pacerakkang tersebut.

Baca juga :   BP2M Perkuat Program Dinas Pariwisata Makassar

Dilansir dari berbagi sumber berita online lokal Sulsel, konon tempat dibangunnya Patung Ayam tersebut kerap dijadikan sebagai medan pertarungan para pesabung ayam dari berbagai daerah.

Namun, berdasarkan cerita masyarakat sekitar. Patung Ayam Jantan ini di bangun saat Pemerintah Belanda berkuasa. Belanda membuat Patung Ayam Jantan ini sebagai simbol petarung asal negeri Timur, Sultan Hasanuddin yang sulit ditumbangkan.

Baca juga :   BBTF, Disbudpar Tampilkan Produk Wisata Sulsel

Ayam Jantan di Makassar, sering dinamai sebagai ayam Bangkok yang dikawinkan dengan ayam kampung dari hutan belantara yang ada di Makassar.

Dengan kearifan lokal warga Makassar, sejumlah pengadu ayam pun berdatangan dari berbagai daerah di Sulsel dan luar Sulsel.

Dan hingga saat ini sekitar lokasi berdirinya Petung Ayam Jantan, selain dijadikan sebagai tempat pertarungan ayam juga ada aktivitas jual beli ayam yang di datangkan dari berbagai daerah.

Baca juga :   8F Ditargetkan 1 Juta Pengunjung

[divider sc_id=”sc39697722268″]divider-3[/divider]