Pascalebaran, Semua PDP di Bulukumba Dinyatakan Negatif Covid-19

Juru Bicara Pemkab Bulukumba untuk Penanganan Covid-19, Daud Kahal. (IST)

KabarMakassar.com — Kabar menggembirakan datang dari Bulukumba. Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 setempat merilis data yang menyebutkan bahwa pascalebaran Idulfitri, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di wilayah tersebut kesemuanya telah dinyatakan sembuh atau negatif Covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bulukumba, HM Daud Kahal mengatakan, pertanggal 26 Mei 2020, jumlah PDP di Bulukumba tercatat sebanyak 31 orang. Dari jumlah tersebut, 27 orang sudah dinyatakan sembuh atau non-Covid-19, sementara 4 lainnya meninggal dunia.

Daud juga menyampaikan, hasil pemeriksaan swab terhadap keempat PDP yang meninggal pun dinyatakan negatif Covid-19.

“Jumlah pasien PDP Bulukumba sudah tidak ada. Sebelumnya ada 1 orang yang dirawat, tapi sudah sembuh atau hasil swabnya negatif,” kata Daud, Rabu (27/5).

Meski demikian, kata dia, pihaknya akan tetap menjalankan instruksi sesuai Surat Edaran Gubernur tentang Alur Rujukan Penanganan Pasien Covid-19 di Sulawesi Selatan yang menyebutkan bahwa saat ini Puskesmas hanya melakukan pemantauan dan penanganan Covid-19 kategori OTG (Orang Tanpa Gejala) dan ODP (Orang Dalam Pemantauan) serta melakukan Rapid Test dan pengambilan Swab untuk tes PCR.

Olehnya itu, jika gejala OTG dan ODP semakin berat (menjadi PDP), maka Puskesmas akan merujuk pasien ke Rumah Sakit (RS) penyanggah Covid-19 Provinsi Sulawesi Selatan, yaitu RS Sayang Rakyat, RSKD Dadi atau RSUD Daya Makassar.

Demikian pula jika RS non-penyanggah seperti RSUD Andi Sulthan Daeng Radja menerima pasien ODP atau PDP yang terindikasi untuk rawat inap, maka pasien tersebut akan dirujuk ke RS Penyanggah Covid-19 Provinsi Sulawesi Selatan.

Sekadar diketahui, ODP di Bulukumba sampai hari ini tercatat sebanyak 218 orang. Daari jumlah tersebut, 211 orang diantaranya sudah selesai pemantauan dan 7 orang masih dalam pemantauan. Sementara OTG sebanyak 184 orang, dengan rincian masih dipantau 71 orang, selesai dipantau 113 orang. Sedangkan pasien positif Covid-19 sebanyak 10 orang, dimana 5 orang diantaranya sudah dinyatakan sembuh. (*)

Reporter :

Editor :

Redaksi

Firdaus

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

REKOMENDASI