Pasca Lebaran Urbanisasi di Sulsel Meningkat

Suasana arus mudik Lebaran di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar. Foto: Imran.

Kabar Makassar — Banyaknya perpindahan penduduk dari desa ke kota pasca hari raya lebaran, ditengarai oleh berbagai sebab, seperti misalnya mereka yang bekerja di kota kota besar saat kembali dari mudik di kampung biasanya membawa serta teman dari kampung untuk mencari kerja di kota.

Hal ini kerap terjadi di beberapa kota besar di Indonesia yang menyebabkan arus urbanisasi kian meningkat. Untuk data urbanisasi di Sulsel tahun ini disinyalir ada peningkatan.

Kepala Dinas Kependudukan, Catatan Sipil dan Keluarga Berencana (Disdukcapil-KB) Sulsel, Lutfie Natsir, mengatakan jika pihaknya belum dapat memastikan data perpindahan penduduk, meski demikian Lutfie memastikan tak ada lonjakan drastis data urbanisasi.

Baca juga :   Tanpa Dukungan Kampus, Pemerintah tak Mampu Layani Masyarakat

“Proyeksi pendatang baru untuk tahun ini sama saja tapi tidak ada lonjakan yang begitu drastis ‘,” kata Lutfie yang dikonfirmasi via telephone WhatsApp. Senin 3 Juli 2017.

Sementara untuk data presentase kata Lutfie pihaknya belum mengetahui berapa angka pasti data perpindahan penduduk karena belum ada laporan dari disdukcapil kabupaten kota.

“Belum ditau berapa angkanya, karena itu kewenangan kabupaten kota, pelaksana administrasi kependudukan itu dari kabupaten kota dan ini sementara berlangsung proses administrasi. Biasanya akhir bulan baru di lapor ke kita (Disdukcapil Sulsel),” sambungnya.

Baca juga :   Appi-Cicu Daftar di KPU Makassar

Namun, ia melanjutkan biasanya jika ada perpindahan penduduk atau sebaliknya, pihak dari imigran pasti memberikan laporan.

“Jadi biasanya ada imigran melapor pasti tercatat sama kita (Disdukcapil Sulsel) bahwa sekian yang masuk Makassar, sekian yang dari bulukumba, sekian dari bone, dan itu tercatat di daerah datang,” imbuhnya.

Ia menambahkan hal yang susah itu jika penduduk yang melakukan perpindahan domisli akan tetapi tidak melakukan pelaporan.

“Yang susah itu kalau ada yang pindah lalu dia tidak lapor,” ujarnya.

Sementara untuk pelaksanaan operasi Yustisi kata Lutfie pihaknya tak akan melakukan hal itu ataupun menginstruksikan kepada disukcapil kabupaten kota melainkan pihaknya hanya menghimbau kepada masyarakat yang melakukan perpindahan untuk senantiasa melaporkan diri kepada dinas terkait.

Baca juga :   Usai Cuti Bersama, Kehadiran Pegawai BNN Sulsel Hampir 100 Persen

“Jadi kita bukan mau operasi yustisi tapi kita himbau saja bahwa masyarakat yang mau pindah tolong lapor di kabupaten asal, biar terdata,” pintanya.

[divider sc_id=”sc363547525648″]divider-3[/divider]

[team layout=”2″ staff=”1694″ sc_id=”sc323452665527″]