Pasca Kongres, DPP Demokrat Instruksikan Kadernya Lakukan Medical Check Up

Bendera Partai Demokrat (/int)

KabarMakassar.com — Pasca pelaksanaan Kongres Partai Demokrat di Jakarta pada 15 Maret lalu, dewan pengurus pusat (DPP) partai berlambang bintang mercy itu menginstruksikan kepada kader, khususnya yang menghadiri kongres tersebut untuk melakukan pemeriksaan atau medical check up Covid-19.

Hal instruksi ini dilakukan menyusul adanya alah satu kader Partai Demokrat, dr. Cellica Nurrachadiana, yang dinyatakan positif terjangkit Covid-19. Bupati Karawang – Jawa Barat itu sebelumnya hadir pada Kongres Partai Demokrat di Jakarta pada 15 Maret lalu, sebagai pimpinan sidang bersama Magindaan, Syarif Hasan, Edhie Baskoro Yudhoyono, dan Beni K Harman.

Sejumlah petinggi dan dan pengurus Partai Demokrat Sulsel pun turut hadir pada acara Kongres Partai Demokrat tersebut.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kota Makassar, Adi Rasyid Ali (ARA) membenarkan dirinya hadir di Kongres Partai Demokrat tersebut. Tapi, kata dia, sebelum mengikuti kongres pihak panitia telah meminta untuk mengikuti protokol untuk pencegahan Covid-19.

Bahkan menurut dia, sebagai salah satu persyaratan, setiap kontingen peserta Kongres Demokrat wajib membawa dokter.

“Sebelum mengikuti kongres, panitia memang sudah mewanti-wanti kepada peserta untuk menjaga kebersihan. Tiap kontingen itu diwajibkan membawa dokter, setelah itu protokol kebersihan juga wajib dijalankan ketika ditempat kongres. Sosial distancing sejumlah langkah pencegahan Covid-19 juga kami terapkan,” kata ARA, Rabu (25/3).

Anggota DPRD Kota Makassar itu mengaku, sampai saat ini belum ada kader Partai Demokrat DPC Kota Makassar yang melaporkan adanya ciri-ciri terpapar Covid-19. Meski begitu, sebagai langkah antisipasi, pihaknya tetap mengimbau untuk melakukan medical check up.

“Alhamdulillah belum ada, dan mudah-mudahan saja tidak ada seterusnya. Karena kemarin itu memang kita bawa dokter dan peserta dari Makassar itu diperiksa secara rutin,” ujarnya

Terpisah, Ketua DPC Partai Demokrat Pinrang, Andi Irwan Hamid yang juga menghadiri Kongres Partai Demokrat di Jakarta tersebut mengaku, untuk kontingen dari Kabupaten Pinrang, hanya dirinya yang masuk ke arena kongres.

“Tidak ada yang masuk, yang masuk kan cuma saya. Tapi alhamdulillah, saya masih sehat. Tapi inha Allah saya akan melakukan pemeriksaan,” kata Bupati Pinrang itu.

Sementara, Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Sulsel, Januar Jaury menjelaskan, pelaksnaan kongres di Jkarta itu mengikuti prosedur dan protokol kesehatan serta diawasi oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

“Peserta kongres itu tak ada kontak fisik antara sesama. Ini karena panitia kongres telah mengikuti protokol Covid-19 yang telah diberlakukan seperti pemeriksaan suhu dan melakukan cuci tangan,” kata Januar.

“Sampai hari ini, 11 hari sejak kongres, kami belum mendapatkan keluhan dari delegasi Sulsel. Semoga seluruh kader dalam keadaan sehat dan paling penting, arahan isolasi mandiri dan segera periksa di rumah sakit jika memang bergejala,” tambahnya.

Sebelumnya, Mantan Wakil Sektretaris Jenderal (Wasekjend) DPP Partai Demokrat, Andi Arief membenarkan jika Celica dinyatakan positif Convid 19. Untuk itu, kata dia, semua kader yang sempat berinteraksi dngan yang bersangkutan (saat kongres di Jakarta) diwajibkan memeriksakan diri.

“Kami mendengar Ibu Cellica, anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat positif covid-19, mudah-mudahan beliau bisa ditangani hingga sembuh. Dia ini tidak bergejala. Tapi perkembangan virus tetap mesti diwaspadai,” kata Andi.

Menurut Arief, Cellica diperkirakan tertular Covid-19 pada 9 Maret ketika menghadiri acara HIPMI. Pada 15 Maret, yang bersangkutan hadir pada Kongres Partai Demokrat sebagai pimpinan sidang bersama Magindaan, Syarif Hasan, Edhie Baskoro Yudhoyono, dan Beni K Harman.

“Tetapi dalam acara tersebut kami menggunakan standar para dokter yang ditunjuk sesuai SOP yang ada, dan dalam pengawasan Dinkes/Pemda DKI. Tidak ada sentuhan tangan. Bahkan, sebelumnya ada pemeriksaan ketat suhu dan melakukan cuci tangan berulang kali sesuai standar,” jelasnya.

Untuk itu, kata dia, Partai Demokrat menginstruksikan kepada kader untuk melakukan pemeriksaan meski tidak bersentuhan tangan terutama yang sudah berinteraksi dengan Cellica.

“Mudah-mudahan seluruh kader dalam keadaan sehat dan paling penting segera periksa di rumah sakit yang ditunjuk sesuai arahan Ketua Umum,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono juga telah mengeluarkan intruksi dengan nomer Intruksi/01/III/2020 tentang Gerakan Nasional Demokrat Melawan Corona.

Reporter :

Editor :

Redaksi

Daus

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

REKOMENDASI