Pasangan Agus AN di Pilgub Tergantung Parpol

Pasangan Agus AN di Pilgub Tergantung Parpol

Pasangan Agus AN di Pilgub Tergantung Parpol

Kabar Makassar----- Dua nama legislator yang digadang-gadang akan menjadi pendamping Agus Arifin Nu mang, yakni Aliyah Mustika Ilham dan Luthfy A Mutty pada Pilgub Sulawesi Selatan 2018. Sebelumnya, Agus AN mengumumkan jika keduanya sementara digodok untuk menjadi pendampingya nanti.

Pengamat Politik Dosen Universitas Bosowa Makassar, Arief Wicaksono mengatakan jika kedua figur yang disebutkan Agus AN memang sudah mengarah untuk idelnya sebagai pasangan. Namun hal tersebut dikatakan tergantung dengan psikologis Agus Arifin Nu Mang untuk menentukan pasangannya nanti.

"Iya, soal calon wakil AAN saya kira sudah mengarah ke dua figur tadi, yaitu Bu Aliyah Mustika Ilham, dan Pak Lutfi A. Mutty. Tapi, sebenarnya tergantung kesiapan dan kondisi psikologis AAN sendiri terhadap siapapun calon pasangannya"kata Arief Wicaksono saat dihubungi Kabarmakassar.com melalui selularnya, Sabtu 17 Juni 2017.

Arief Wicaksono menambahkan jika Partai Politik juga sangat berpengaruh dalam pilihan Agus Arifin Nu Mang. Dimana kedua legislator yang dibidik Agus AN ini merupakan orang Parpol yang berpengaruh. Dimana Aliyah Mustika Ilham adalah anggota DPR RI dari Parpol Demokrat dan Lutfi A. Mutty juga anggota DPR RI dari Partai NAsDem.

"Tergantung juga dengan parpol yang akan mengusung atau mendukung, dan juga sangat terkait dengan aspek geopolitik dengan pak AAN sendiri"ujarnya.

Sementara itu melihat beberapa kandidat bakal Calon Gubernur Sulsel yang lain sebelumnya memiliki pasangan yakni Nurdin Halid dan Azis Kahhar Mudzakkar, Nurdin Abdullah berpasangan dengan Tanribali Lamo. Agus AN pun tak mau ketinggalan dengan mengumbar nama bakal calon Wakilnya di Pilgub 2018 mendatang, setelah sebelumnya Ichsan Yasin Limpo mengumumkan lima nama bakal calon pendampingya.

"Kalau cuma hanya ikut-ikutan karena NH sudah berpasangan, tentu itu tidak mungkinlah, karena pak AAN kan selain birokrat, beliau juga politisi, yang tentu sudah berpengalaman"jelas Arief Wicaksono.

Berbeda dengan pengamat Politik dan Dosen Univesitas Islam Negeri (UIN) Makassar, Firdaus Muhammad yang mengatakan jika seharusnya Agus AN lebih melihat apakah Aliyah Mustika Ilham dipastikan ikut atau tidak dalam Pilgub 2018 mendatang. Ia juga menambahkan jika seharunya Agus harus fokus mencari partai pengusung terlebih dahulu baru menyebutkan bakal calon pendampingya nanti.

"Agus AN bisa berpaket dengan Aliyah Mustika Ilham atau Lutfie A Mufty, karena mereka punya kekuatan politik yang bagus, tapi harusnya melihat dahulu apakah Aliyah maju atau tidak sehingga perlu kepastian politik. Seharunya Agus AN juga fokus cari partai pengusung dulu baru menetapkan pasangan"ujar Firdaus Muhammad, Sabtu 17 juni 2017.

Agus Arifin Nu Mang kembali mencalonkan diri sebagai Gubernur Sulsel, setelah sukses mendampingi Syahrul Yasin Limpo selama dua periode di SulSel. Majunya Agus AN di Pilgub Sulsel 2018 menambah deretan para Cagub dan Cawagub 2018, diantaranya, Nurdin Halid, Nurdin Abdullah, Ichsan Yasin Limpo, Rivai Raas, Burhanuddin Andi, Rusdi Masse dan juga Ni Matullah.

Penulis: Fritz Wongkar
Editor : Marwah

Redaksi

Related Articles

Leave a Reply

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close