Parpol Berpolemik, Langkah Danny di Jalur Independen Dianggap Tepat

KabarMakassar.com — Demokrat satu-satunya partai yang memiliki kursi di parlemen keukuh mendukung petahana, Moh Ramdhan Pomanto-Indira Mulyasari Paramastuti (Danny-Indira). PPP beralih ke Bapaslon penantang, Munafri Arifuddin-Andi Racmatika Dewi (Appi-Cicu) saat tahapan pendaftaran berjalan.

Hal ini menandakan keputusan dan feeling politik Danny-Indira dinilai tepat. Bapaslon yang menggunakan tagline “DIAmi” itu mendaftar lewat jalur independen sekalipun telah memgantongi rekomendasi politik lebih dari cukup untuk memenuhi syarat pendaftaran di KPU.

Adalah Demokrat (7 kursi) dan PPP (5 kursi). Artinya 12 kursi sudah lebih dari cukup dari ambang batas minimal kursi pencalonan yang dipatok sebanyak 20 persen atau 10 kursi untuk Kota Makassar.

Baca juga :   Sulsel Kampanyekan Keselamatan Transportasi Serentak di Seribu Titik

Jauh hari sebelumnya Danny memang pernah blak-blakan, bahwa antisipasi lewat jalur independen lantaran adanya kecenderungan partai pengusungnya untuk ditarik di DPP partai. Hal ini pun terbukti.

“Iya. Langkah politik pak Danny tepat. Nyatanya sekarang tinggal Demokrat yang bertahan,” kata Sekretaris Demokrat Makassar, Abdi Asmara, saat ditemui di ruangan kerjanya, Komisi A, Gedung DPRD Kota Makassar, Jln AP Pettarani, Kamis (11/1/2018).

Baca juga :   Enggan Ekspose SKPD Buruk, Tim Penilai Jamin Independen

Diapun menegaskan bahwa Demokrat tetap keukuh mendukung Danny-Indira. Alasannya lantara Demokrat dalam menetukan usungan selalu berdasarkan pertimbangan partai di semua tingkatan.

Dia tidak menampik bahwa, memang ada kandidat lain yang meloby partainya. Akam tetapi pengurus DPC Demokrat Makassar diundang untuk mengklarifikasi kondisi politik di daerah (Makassar).

“Karena Demokrat dalam penentuan itu, kita sudah dipanggil dan dicoba. Demokrat di DPP mengikut apa maunya DPP dan DPC. Tidak berani DPP mengambil persetujuan tanpa DPD dan DPC. Terbukti tandantangan di tingkat semua di tingkat DPC dan DPD saat pendaftaran,” tandasnya.(*)