News

Pantai Losari Dulunya Adalah Pasar Ikan dengan Julukan Meja Terpanjang

Pantai Losari Dulunya Adalah Pasar Ikan dengan Julukan Meja Terpanjang

Kabar Makassar-- Tahu kah Anda jika dulunya, Pantai Losari Makasssar, Sulawesi Selatan yang menjadi icon kota Makassar dijuluki meja terpanjang di dunia karena disepanjang tepi pantai terdapat banyak warung yang berjejer dengan tenda bahkan warung yang berjejer ini panjangnya mencapai 1 kilometer.

Namun, seiring perkembangan zaman warung warung tersebut di relokasi ketempat yang tidak jauh dari pantai, agar wisatawan bisa menikmati keindahan pantai dan matahari tenggelam di pantai loasari.

Sebelum dikenal dengan nama Pantai Losari, warga lokal Makassar menyebutnya Pasar Ikan, dimana pada saat itu di pagi hari banyak pedagang pribumi yang berjualan ikan, sedangkan sore harinya dimanfaatkan pedagangn lainnya untuk berjualan kacang, pisangn epe dan makanan khas lainnya.

Infrastruktur utama yang telah dibangun merupak sebuah jalan besar bernama jalan penghibur.

Sebelumya disis depannya terdapat sebuah bendungan air berupa turap beton yang memanjang dan kini diperluas mejorok kedalam pantai.

Terdapat Promedane luas berlatar pulau dan laut selat Makassar dn dibawahnya merupakan outlet buangan limbah kota.

Dalam konteks pembangunannya, konsep yang sudah bertahan selama 60 tahunitu hanya diperbesar luasnya.

Bagunan tambahan pantai yang pertama kali dibuat pada tahun 1945 dengan desain dasar beton sepanjang 910 meter dan digagas oelh Pemerintah Wali Kota Makassar, DM Van Switten (1945-1946) pada masa pemerintahan NICA.

Pemasangan pantai ditujukan untuk melindungi beberapa objek dan sarana strategis warga di Jalan Penghibur dari derasnya ombak selat Makassar.

Namun, jika diasumsikan lebih jauh lagi pemberian nama Pantai ini pada saat dilakukan pembangunan awal oleh Pemerintahan NICA.

Tapi nama Losari belum dapat diartikan secara pasti, apakah kata Losari itu berasal dari bahasa Balanda atau bahasa lokal Makassar.

Menurut beberapa sumber Losari terbagi mejadi dua kata yaitu "Los" dan "Ari".

Kata "los" mempunyai makna ambigu yang berarti tempat jual beli, pertokoan atau pasar yang menjual berbagi produk. Dalam konteks bahas Jawa kata "los" berarti lepas atau bebas sehingga membentuk makna tempat jual beli yang bebas di pantai ini.

Sedangkan kata "Ari" berarti pembungkus atau penyuplai karena diambil dari kata ari-ari. Dari informasi yang beredar, dari sinilah nama Pantai Losari.

Meski asal muasal nama Pantai Losari masih manjadi teka teki. Namun, Saat ini Pantai Losari telah menjadi icon utama dari kota Makassar yang selalu mejadi tempat kunjungan pertama bagi para pelancong dari luar dan dalam negeri.

Redaksi

Related Articles

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close