News

Pameran Kebudayaan Aborigin dan Makassar di Museum Kota

Pameran Kebudayaan Aborigin dan Makassar di Museum Kota

Kabar Makassar -- Pelaut Makassar dan Suku Aborigin di Australia memiliki kedekatan yang sangat erat di masa silam. Hal ini dibuktikan dengan adanya bukti-bukti penemuan tentang sejarah budaya Makassar yang dibawah oleh para pelaut kepada suku Aborigin yang tertuang pada ragam bentuk.

Dalam menyambut National Aborigines and Islander Day Observance Committe (NAIDOC) 2017 Konsulat Jendral (Konjen) Australia di Makassar menggelar pameran kebudayaan Aborigin dan Makassar di Museum Kota Makassar.

NAIDOC adalah Komite Nasional Hari Aborigin dan Kepulauan. Pekan NAIDOC diadakan pada bulan Juli setiap tahunnya, sebagai cara untuk mempromosikan pemahaman yang lebih luas mengenai masyarakat dan kebudayaan Aborigin dan Kepulauan Selat Torres dan untuk merayakan bertahannya kebudayaan Penduduk Asli Australia dan kontribusinya bagi Australia yang modern.

Dalam pameran budaya kali ini, pihak Konjen Australia di Makassar juga menghadirkan sosok budayawan lokal Aborigin dari bagian utara Australia, Yingiya Mark Guyula MLA dan rombongannya. Mereka berkunjung ke Makassar didampingi oleh pihak Konsulat Jendral Republik Indonesia (KJRI) yang berada di Darwin.

Pameran kebudayaan ini akan berlangsung selama lima hari dari tanggal 10 sampai 14 Juli 2017. Berbagai macam bentuk kebudayaan dipamerkan dan yang sangat menarik adalah bahasa serapan dari Makassar yang juga digunakan oleh suku Aborigin sebagai warisan budaya.

"Great to have @kridarwin visiting for #NAIDOC2017 in Makassar with Pak Yingiya Guyula MLA & friends! @aosny2011 @sihombing2002," Kegembiraan dalam menggelar pameran ini diungkapkan Konjen Australia di Makassar pada lini akun Twitter resmi mereka.

Foto: KJRI Darwin

Rahmat Latang Reppa

Journalist

Aktif berkontribusi dalam dunia jurnalis sejak tahun 2008. Jurnalis yang mampu berkarya dalam dwi-bahasa ini penulisannya berfokus pada Kebudayaan dan Pendidikan. Bergabung di PT. Kabar Grup Indonesia pada tahun 2016 dan berkarya di KabarAustralia.com

 

Redaksi

Related Articles

Leave a Reply

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close