Paduan Suara Fisip Unhas Go Internasional

KabarMakassar.com — Universitas Hasanuddin tidak hanya terkenal dengan prestasi-prestasi yang dihasilkan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) tingkat Universitas.

Ternyata UKM tingkat Fakultas pun memiliki sumbangsih besar dalam mengharumkan nama kampus merah ini. Mewakili Indonesia di kancah internasional. 

Prestasi itu salah satunya berasal dari kelompok paduan suara D’B3 Voice Fisip Unhas. Kelompok vocal group ini berdiri pada tanggal 9 September 2009.

Nama D’B3 sendiri diambil dari nama semboyan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yaitu Bersama, Bersatu, Berjaya. D’B3 awalnya hanya sebuah kelompok mahasiswa fakultas yang hobi bernyanyi dan sering mewakili Fakultas pada ajang lomba di tingkat Universitas.

“Dulu hanya mahasiswa-mahasiswa yang hobi bernyanyi saja dan sering ikut lomba tingkat Universitas mewakili Fakultas” tutur anggota D’B3 Voice Unhas Siti Mardiyah Rani.

Seiring perkembangan grup vokal ini, akhirnya pihak fakultas menjadikan D’B3 Voice Fisip Unhas menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) tingkat fakultas.

“Seiring perkembangannya, D’B3 Voice Unhas beralih dari komunitas menjadi sebuah UKM Fakultas yang prestasinya bukan hanya tingkat Universitas, Nasional tapi Internasional,” lanjutnya.

Siti Mardiyah Rani melanjutkan Ketua pertama D’B3 Voice Unhas adalah Muhammad Mahazir Thamrin yang memimpin lomba internasional pertama kali D’B3 Voice Unhas ke Thailand.

“Dalam Lomba di Thailand ini, D’B3 Voice Unhas berhasil mendapatkan juara pertama untuk kategori Folklore dan mendapatkan medali emas untuk pertama kali pada lomba internasional. Tidak hanya itu, pada debut pertamanya juga mendapatkan medali perunggu untuk kategori sacra, gospel, pop dan jazz” Tutur Siti Mardiyah Rani.

Lomba internasional berikutnya yang diikuti D’B3 Voice Fisip Unhas adalah Lomba Paduan suara di Barcelona, Spanyol. Dalam lomba ini, D’B3 Voice Fisip Unhas berhasil mendapatkan medali perak untuk kategori folklore, dan medali perunggu untuk kategori Jazz.

Tahun 2015 D’B3 Voice Fisip Unhas berhasil mendapatkan medali emas pada ajang Bali International Choir Festival. Medali Emas ini didapatkan dari kategori folklore sedangkan medali emas yang kedua didapatkan dari kategori paduan suara campuran.

Pada tahun 2016 D’B3 Voice Fisip Unhas yang hanya UKM tingkat Fakultas berhasil memenangkan spesial award Best Presentation dari Lomba di Busan Choral Festival And Competition 2016, Korea Selatan.

Yang terakhir pada tahun 2017 D’B3 Voice mengikuti lomba Penabur International Choir Festival di Jakarta dan Festival Paduan Suara XXV ITB di Bandung, Jawa Barat. Dalam kedua lomba ini, D’B3 Voice Fisip Unhas berhasil menjadi peserta dengan nilai tertinggi ke-3 untuk kategori paduan suara rakyat.

“Ini menandakan bahwa mahasiswa tingkat fakultas juga bisa berprestasi di tingkat internasional dan mengharumkan nama Universitas dan Indonesia” tutupnya.

Penulis Enggra Mamonto