News

Otak Serangan PSM Makassar Ditangan Wiljan Pluim

Otak Serangan PSM Makassar Ditangan Wiljan Pluim

Kabar Makassar--- Gelandang PSM Makassar, Willem Jan (wiljan) Pluim menjadi pemain yang memiliki kontribusi baik sepanjang liga 1 Indonesia bergulir untuk klubnya saat ini PSM Makassar. Pluim merupakan pemain gelandang tersubur di PSM Makassar. Hingga pada pekan ke-11 yang dilalui pemain ini telah menciptakan gol sebanyak 3 gol, dan assist sebanyak 3.

Mantan pemain Eredevisi Vitesse Arnhem ini memiliki postur tubuh yang tinggi, namun skillnya kerap membuat pemain lawan terkecoh. Gaya permainan khasnya pun menyamai permainan Ronald Fagundez yang juga sempat membela PSM Makassar.

Pemain berusia 28 tahun ini semakin bersinar bersama klub PSM Makassar yang kini berada di puncak klasemen sementara Liga 1 Indonesia. Bersama rekan senegaranya Marc Anthony Klok pemain ini menjadi  kunci dari pemain lini tengah. Bahkan kerap umpannya memanjakan para striker-striker PSM Makassar.

Wiljan Pluim statusnya kini sudah menjadi pemain "marquee player". Statusnya tersebut disebut pemain bintang dari luar Indonesia April 2017 lalu sebelum Liga 1 Indonesia bergulir dan mendapat pengesahan dari operator Liga 1 2017, PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Sekedar diketahui sebelum merapat ke PSM Makassar Pluim sempat diincar klub-klub dari luar Indonesia. Pencinta makanan khas sate ini memang di tahun 2016 membawa perubahan di skuat PSM Makassar dan membawa keluar dari zona keterpurukan dipapan bawah ISC 2016 lalu.

Pemain ini pun memiliki cita-cita sebagai pelatih sepakbola asal Belanda yang sukses seperti pelatihnya saat ini, Robert Rene Albert. Untuk itu ia lebih memilih PSM Makassar untuk berkarier, dimana saat ini usianya sudah tak lama lagi kepala tiga.

Tahun 2015 pemain gelandang ini merupakan pemain yang tergabung di klub liga utama Belanda. Dibawah oleh pelatihnya Robert Rene Albert dari Belanda ia pun gemilang di klub kasta tertinggi Indonesia. Bahkan ia pun saat berusia 21 tahun menjadi sorotan awak media di negara asalnya.

Bahkan pemain bernomor punggung 80 di PSM Makassar ini sempat diincar pelatih legendaris Leo Beenhakker untuk memperkuat klub raksasa Feyenoord. Namun, Pluim akhirnya memutuskan untuk tinggal di Vitesse untuk berjuang menembus tim inti. Tiga tahun yang dihabiskannya di tim utama Vitesse terbilang kurang memuaskan. Ia hanya tampil sebanyak 36 kali dan mencetak 5 gol, sehingga ia kemudian menerima tawaran peminjaman dari Roda JC.

Klub asal kota Kerkrade yang juga berkiprah di Eredivisie ini akhirnya menawarinya kontrak permanen. Namun, empat tahun di klub tersebut tak juga mendongkrak kariernya sehingga Pluim pun pulang kampung untuk membela PEC Zwolle, klub kota kelahirannya. Semusim di Zwolle sempat mengembalikan kepercayaan dirinya. Pluim mencetak 34 penampilan dan menjadi elemen penting yang menghindarkan PEC Zwolle dari jurang degradasi.

Di Klub Indonesia pun saat ini juga menjadi incaran klub-klub raksasa, kabar yang baru bahwa pemain bertubuh jangkung ini diincar pula oleh klub Persija Jakarta. Sekedar diketahui sebelumnya pemain ini juga sempat mengalami pengalaman pahit setelah gagal seleksi di klub Superliga Denmark, Sonderjyske Fodbold. Di tengah-tengah persimpangan nasib itulah, sebuah tawaran datang dari klub Liga Vietnam, Binh Duong FC.

Tawaran untuk bergabung di klub Vietnam tersebut, kembali mengalami kegagalan dimana ia mengalami sakit dan Pluim harus dirawat di rumah sakit akibat menderita infeksi usus. Dan kontrak pemain asal negeri kincir angin tersebut diputus.

Jodoh tak kemana akhirnya Robert Postma dari Top Sport Management, agen pemain tempatnya bernaung, membawa berita tentang sebuah tawaran dari Indonesia. Disitu Pluim kemudian menemukan jodohnya bermain sepakbola di klub tertua di Indonesia yakni PSM Makassar.

Menariknya ia bertemu dengan dua orang dari senegaranya, yaitu pelatih Robert Rene Alberts dan pemain bertahan Ronald Hikspoors, pemain yang juga pernah merumput di Eredivisie bersama MVV Maastricht.

Kini pemain asing milik PSM Makasar ini mendapatkan kontrak semusim untuk membela PSM Makassar, bahkan kini ia masuk jajaran pemain bintang di klub Indonesia selama liga 1 bergulir.

Profil singkat Willem Jan Pluim:

Nama lengkap: Willem Jan PluimNama lengkap: Willem Jan Pluim
Panggilan: Willy
Tanggal lahir: 4 Januari 1989 (umur 28)
Tempat lahir: Zwolle, Belanda
Tinggi: 192 cm (626 ft 7 1⁄2 in)
Posisi bermain: Gelandang
Nomor Punggung: 80

Informasi klub senior:Informasi klub senior:
2008–2011: Vitesse, 36 kali bermain, 5 Gol.
2011: Roda JC (pinjaman) 12 kali bermain.
2011: Roda JC Kerkrade 18 kali bermain, 1 Gol.
2012: PEC Zwolle (pinjaman).
2016-Sekarang: PSM Makassar.

Karier junior:
- Elspeet
- Vitesse.

Foto: Int.

Fritz Wongkar

Journalist

Pewarta yang telah mengantongi sertifikat Jurnalis Muda dari Dewan Pers. Aktif menulis sejak 2011.

Redaksi

Related Articles

Leave a Reply

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close