Opini: Bahaya Narkoba di Kalangan Pemuda

Opini: Bahaya Narkoba di Kalangan Pemuda

Opini: Bahaya Narkoba di Kalangan Pemuda

Kabar Makassar -- "Narkoba selalu membius kaum muda, entah itu wanita atau pria semua sama, awalnya coba-coba dan mulai tergoda, ujung-ujungnya orang tua stress di kepala". Itulah sepenggal lirik lagu dari Bondan Prakoso tentang dampak narkoba yang ujung-ujungnya menyengsarakan bukan hanya bagi pengguna melainkan juga orang-orang sekitar.

Narkoba yang kini sudah menjadi momok menakutkan bagi masyarakat utamanya bagi kaum muda penerus bangsa. Bahkan kejahatan narkoba kini sudah dianggap sebagai kejahatan luar biasa yang menjadi ancaman terbesar bagi bangsa Indonesia.

Berbagai kampanye anti narkoba dan penanggulangan terhadap pemakai narkoba semakin gencar-gencarnya dilakukan oleh pemerintah dan seluruh steakholder anti narkoba.

Dewasa ini, masyarakat sangat mudah memperoleh narkoba dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Tahun ini saja, kepolisian Republik Indonesia berhasil menggagalkan penyelundupan narkoba yang jika dikalkulasikan berton-ton di berbagai daerah di Indonesia. Bayangkan, apa jadinya ketika narkoba yang jumlahnya banyak tadi terlanjur beredar di masyarakat, berapa banyak masyarakat utamanya kaum muda yang menjadi korbannya.

Selain itu, upaya pemberantasan narkoba juga sudah digalakkan pemerintah. Mulai dari pemberian hukuman yang berat terhadap pengedarnya dan juga pemberian pendidikan anti narkoba sejak dini bagi anak-anak. Hingga saat ini upaya paling efektif dalam pemberantasan narkoba yakni dengan pemberian edukasi tentang bahaya narkoba, baik dilakukan di lingkungan sekolah maupun keluarga.

Penyalahgunaan narkoba dikalangan generasi muda dewasa ini kian meningkat. Maraknya penyimpangan perilaku tersebut dapat membahayakan keberlangsungan bangsa Indonesia di kemudian hari. Pemuda yang nantinya menjadi penerus bangsa semakin hari semakin rapuh karena digerogoti zat-zat adiktif penghancur syaraf hingga membuat pemuda tidak dapat berpikir jernih. Akibatnya, impian dari bangsa Indonesia untuk memilki calon-calon pemimpin yang tangguh hanya akan menjadi angan saja jika permasalahan narkoba tidak diatasi.

Efek penggunaan narkoba antara lain menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, menghilangkan rasa, serta menimbulkan ketergantungan. Efek yang dihasilkan dari pemakaian narkoba tersebut akan berdampak pada kehidupan sehari-ahari pemakai seperti menurunnya kedisiplinan, mudah menjadi tersinggung dan cepat marah, menjadi pemalas, tidak memeperdulikan kesehatan, bahkan membuat pemakai menjadi pencuri untuk membeli narkoba.

Oleh karena itu, mulai saat ini siapapun kita, harus sigap dan waspada terhadap penyebaran narkoba. Hindari sikap antipati terhadap narkoba, karena bahaya narkoba menyangkut perjalan bangsa Indonesia ke depannya.

Oleh: Sulistiono Nono

Redaksi

Related Articles

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close