Open Government Partnership Hadir di Makassar

Kabar Makassar — Pemerintah Kota Makassar bersama perwakilan Perguruan Tinggi, Media Massa dan Kelompok Masyarakat Sipil melakukan penandatanganan deklarasi bersama sebagai pertanda peluncuran Open Government Partnership (OGP) di Kota Makassar di Ruang Pola Kantor Balai Kota Makassar, Senin 20 November 2017.

Tampak hadir dalam deklarasi itu, Walikota Makassar Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto, Adi Suryadi Culla, Ketua Forum Dosen, Bastian Lubis dari Univ. Patria Artha, Upi Asmaradhana perwakilan praktisi media, Mulyadi Prayitno, Syamsuddin Alimsyah dari Kopel dan Mustjaba Hamdi dari Tim Koordinasi Strategis Seknas OGP.

“Intinya OGP ini adalah kolaborasi Pemerintah dan CSO dalam mendorong pemerintahan terbuka. Kebijakan apapun yg dikeluarkan oleh pemerintah, Kelompok Masyarakat Sipil harus dilibatkan. Syaratnya adalah keterbukaan dari pemerintah untuk menumbuhkan partisipasi dari masyarakat sipil dalam setiap kebijakan,” kata Tim Koordinasi Strategis OGP Mustjaba Hamdi saat berada di Makassar, Selasa 21 November 2017.

Baca juga :   Berita Foto: Pendaftaran Nasdem Sebagai Peserta Pemilu 2019

Open Government Partnership (OGP) sendiri adalah sebuah komitmen pemerintahan terbuka yang di inisiasi oleh tujuh negara pada 20 September 2011 yang mencakup negara Brasil, Nurwegia, AS, Afrika selatan, Inggris, Philipina dan Indonesia.

Di Indonesia mulai digagas pertama kali pelembagaannya melalui Kepres 13 tahun 2014 dengan keanggotaan antara lain Kementerian mewakili pemerintah dan Masyarakat sipil yakni UKP4, Bappenas, Kemenlu, Pan-RB, TII, Kopel, Seknas Fitra, ICEL, Jari Indonesia, Gerak Aceh. Saat ini, Seknas OGP melalui KSP dan Bapenas bersama dengan beberapa kementerian mendorong pelembagaan ini ke daerah2 termasuk hari ini di Kota Makassar. Total daerah yang mendaftar di Indonesia saat ini sudah 6 daerah.

Baca juga :   Kampus Lama UIN jadi Rumah Sakit

“Ini daerah yg ke 6, sebelumnya sdh ada 5 daerah antara lain Prov. DKI, Aceh, Kota Bandung, Bojonegoro. Menariknya, keanggotaan Pemerntah Kota Makassar ini diusul dari bawah beda dengan daerah lain dengan penunjukan”, kata Mustjaba dari Seknas OGP.

Deklarasi ini juga diisi dengan dialog Publik dengan pembicara dari akademisi Dr. Adi Suryadi Culla, Herman (Kopel), Walikota Makasar dan Tim Koordinasi Strategis OGP Mustjaba Hamdi. Pasca deklarasi dilakukan kunjungan beberapa inovasi Pemerintah Kota Makassar. (*/nck)

Baca juga :   Oki Setiana Dewi Resmi Membuka Outlet Ke 2 Bosang Makassar