kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250

Swiss Kalahkan Hungaria 3-1 di Grup A Piala Eropa 2024

Swiss Kalahkan Hungaria 3-1 di Grup A Piala Eropa 2024
(Foto : INT).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Swiss tampil gemilang dengan menaklukkan Hungaria 3-1 dalam laga Grup A Piala Eropa 2024. Tim besutan Murat Yakin berhasil memanfaatkan kesalahan fatal skuad Magyar untuk mengamankan kemenangan krusial.

Bertanding di Stadion Cologne pada Sabtu (15/6), Swiss langsung menggebrak sejak menit awal. Kwadwo Duah membuka keunggulan di menit ke-12, memanfaatkan umpan terobosan Michel Aebischer dengan tembakan yang menggetarkan gawang Peter Gulacsi. Hakim garis sempat mengangkat bendera offside, namun Video Assistant Referee memastikan gol tersebut sah.

Pemprov Sulsel

Nyaris saja Swiss menggandakan keunggulan pada menit ke-20. Blunder Milos Kerkez di depan kotak penalti berujung serangan balik untuk Swiss. Ruben Vargas tinggal berhadapan dengan Gulacsi, namun tembakannya masih membentur bahu kiper veteran itu.

Hungaria pun tak tinggal diam. Tendangan bebas tak langsung yang dieksekusi Dominik Szoboszlai pada menit ke-40 diarahkan ke Willi Orban, namun sundulannya masih mudah diamankan Yann Sommer. Sebaliknya, Swiss menambah keunggulan jelang turun minum.

Pada menit ke-45, serangan dari sisi kanan diakhiri dengan tembakan melengkung Aebischer dari depan kotak penalti ke sudut kanan gawang Hungaria, yang tak mampu dihalau Gulacsi. Skor 2-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Duah hampir mencetak gol keduanya pada menit ke-48, namun Gulacsi berhasil menggagalkan tembakan kaki kirinya. Enam menit kemudian, Gulacsi kembali menjadi pahlawan dengan menggagalkan peluang Ruben Vargas.

Hungaria berusaha bangkit melalui sundulan Barnabas Varga pada menit ke-63 setelah menerima umpan silang dari Roland Sallai, namun bola melenceng di sisi kiri gawang Swiss. Tiga menit kemudian, upaya Varga akhirnya membuahkan hasil.

Pada menit ke-66, Varga berhasil menyambut umpan silang Dominik Szoboszlai dengan sundulan yang mengarah ke sudut kanan gawang Swiss, tanpa mampu dihalau Sommer. Skor berubah menjadi 1-2, semangat Hungaria pun meningkat.

Namun, tim asuhan Marco Rossi gagal menyamakan kedudukan. Justru Swiss yang menambah gol ketiga pada injury time babak kedua.

Pada menit ke-90+3, sundulan Orban yang berniat membuang bola justru jatuh ke kaki Breel Embolo yang berdiri bebas di depan gawang. Tembakan lob penyerang 27 tahun itu melewati Gulacsi. Skor 3-1 bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Kemenangan ini menempatkan Swiss di posisi kedua klasemen sementara Grup A dengan 3 poin. Hungaria berada di urutan ketiga dengan nol poin, namun memiliki selisih gol lebih baik dibandingkan Skotlandia yang dibantai 1-5 oleh Jerman, pemuncak klasemen.

Pertandingan ini menunjukkan kejelian Murat Yakin dalam memanfaatkan celah-celah di pertahanan Hungaria. Kecepatan dan kecerdikan Kwadwo Duah serta ketepatan umpan Michel Aebischer menjadi kunci penting dalam kemenangan ini. Swiss tidak hanya mengandalkan serangan balik cepat, namun juga menunjukkan dominasi di lini tengah, memaksa Hungaria terus berada di bawah tekanan.

Di sisi lain, Hungaria tampil kurang konsisten meski sempat memberikan perlawanan sengit. Tim asuhan Marco Rossi terlihat belum menemukan ritme permainan yang stabil. Gol Barnabas Varga sempat memberikan harapan, namun pertahanan mereka yang rapuh membuat Hungaria harus rela menerima kekalahan.

Taktik dan Strategi

Swiss menerapkan formasi 4-2-3-1 yang memungkinkan mereka bermain fleksibel dengan transisi cepat dari bertahan ke menyerang. Granit Xhaka dan Remo Freuler menjadi jangkar di lini tengah, memotong aliran bola lawan dan memulai serangan balik. Pertahanan solid yang dikomandoi Manuel Akanji juga menjadi faktor penting yang membuat Yann Sommer relatif sedikit bekerja keras di bawah mistar.

Hungaria, dengan formasi 3-5-2, mencoba mendominasi lini tengah dan mengandalkan kecepatan di sayap. Namun, kesalahan individu dan kurangnya koordinasi di lini belakang menjadi titik lemah yang dieksploitasi Swiss dengan efektif.

Swiss kini berada di jalur positif menuju babak selanjutnya dengan mengantongi tiga poin penting. Mereka akan menghadapi lawan-lawan yang lebih tangguh dengan kepercayaan diri tinggi. Hungaria, di sisi lain, harus segera melakukan evaluasi mendalam dan memperbaiki celah yang ada jika ingin tetap bersaing di Grup A.

Pertandingan ini tidak hanya soal tiga poin, tapi juga pelajaran berharga bagi kedua tim. Swiss membuktikan bahwa mereka siap bersaing di level tertinggi Eropa, sementara Hungaria harus belajar dari kekalahan ini dan bangkit di laga berikutnya.

Susunan Pemain

Hungaria: Péter Gulácsi, Ádám Lang (Bendegúz Bolla 46′), Willi Orbán, Attila Szalai (Márton Dárdai 79′), Attila Fiola, Ádám Nagy (László Kleinheisler 67′), András Schäfer, Milos Kerkez (Martin Ádám 79′), Roland Sallai, Dominik Szoboszlai, Barnabás Varga.

Swiss: Yann Sommer, Ricardo Rodriguez, Manuel Akanji, Fabian Schär, Dan Ndoye (Fabian Rieder 86′), Granit Xhaka, Remo Freuler (Vincent Sierro 86′), Silvan Widmer (Leonidas Stergiou 68′), Ruben Vargas (Breel Embolo 74′), Michel Aebischer, Kwadwo Duah (Zeki Amdouni 68′).

PDAM Makassar