OJK angkat bicara soal Travel Umrah Makassar

hipwee.com

Kabar Makassar — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ikut mengusut dana travel umrah murah. Pada sebelumnya Kementerian Agama (Kemenag) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah membentuk Satuan tugas (satgas) dan meminta keterangan sejumlah pengelola travel.

Salah satu biro travel umrah murah yang beralamatkan di Makassar yakni Abu Tours.

Ribuan jamaah yang menyetor belasan juta dijadikan modal awal untuk usaha, dan sebagiannya lagi digunakan untuk memberangkatkan jamaah yang mendaftar setahun sebelumnya.

Baca juga :   SYL Berharap Penyusunan APBD 2018 tanpa Koreksi Lagi

Travel umrah murah ini ‘memanfaatkan pembayaran jamaah’ untuk bisnis dengan harga di bawah harga normalnya. Harga yang ditawarkan berkisar Rp 14 juta hingga Rp 19 juta rupiah perjamaah.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Muliaman D Hadad menjelaskan sedikit terkait agen travel umrah murah di kantor Pemerintah Provinsi di jl Urip Sumiharjo. Selasa, 5 September 2017.

Baca juga :   JOB FAIR 2017, Ini Daftar Perusahaan Pencari Kerja

“Iya kami ikut memantau perkembangan dari agen travel umrah murah itu. Kementrian Agama pun telah melakukan pemanggilan kepada kepala Biro travel Abu Tours. Kemarin keputusannya pihak Abu Tours diminta untuk menghentikan promo-promo umrah murah yang harganya jauh dari harga normal,” ujar Muliaman.

Mualiman D Hadad juga menegaskan mengenai keterkaitan OJK dengan Kemenag dalam menangani persoalan travel umrah murah.

“Kami kurang tepat kalau menyatakan akan turun tangan langsung pada persoalan travel umrah murah ini. Kami hanya ikut mengawasi, karena terkait umrah murah ini Kemenag yang berwenang,” tutupnya.

Baca juga :   Peresmian Underpass Jadi Tontonan Masyarakat

Penulis: Nur Marwahyuwa
Foto: Int.