kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Yakin Raih Ambang Batas 4 Persen, PSI Sulsel Amankan 1 Kursi

PSI Sulsel Percaya Diri Raih Ambang Batas 4 PersenĀ 
Partai Solidaritas Indonesia.
banner 468x60

KabarMakassar.com — Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Sulawesi Selatan percaya diri partainya meraih ambang batas parlemen 4 persen pada Pemilu dan Pileg 2024.

Dimana partai yang di pimpin Kaesang Pengarep itu hingga saat ini sudah menembus 3 persen lebih berdasarkan rekapitulasi penghitungan suara sementara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih berlangsung.

Pemprov Sulsel

“Makanya saya selalu sampaikan ke teman-teman bahwa tunggu saja rekapan total karena kalau secara internal memang naik. Tapi menjadi perhatian kita adalah bahwa partai lain juga pasti naik, tapi kita tidak tahu bahwa PSI melejit, kemudian partai lain ternyata beberapa yang tidak naik,” ucap Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPW PSI Sulsel, M Sjukri Sopamena, Selasa (5/3).

Dia juga mengklaim bahwa berdasarkan hitungan internal partainya tembus 4 persen lebih. Sehingga, ia menegaskan bahwa kenaikan suara PSI itu hal yang wajar.

Dirinya menyebutkan, secara logika awal-awalnya rekap di KPU itu belum masuk semua suara PSI, termasuk total partai. Kemudian beberapa basis-basis suara PSI belum masuk waktu pertama kali direkap.

PSI di Sulsel, kata dia, juga terus melakukan rekapan manual dan angkanya terus naik.

“Kita juga masih harap cemas juga kan ada margin error juga dan sebagiannya. Jadi tunggu saja hasil rekap KPU,” ujar M Sjukri.

Dirinya juga menegaskan bahwa isu penggelembungan suara tidak terbukti sesuai statement Bawaslu.

Menurutnya penggelembungan atau pencurian suara dan bentuk lainnya itu sangat sulit dilakukan karena di sistem KPU sangat ketat.

“Tidak mungkin, mana pembuktiannya. Dimana celahnya karena di sistem KPU itu ketat sekali kalau kita lihat. Karena akan melibatkan banyak orang. Apalagi ini by system semua,” pungkasnya.

Sementara itu, jika PSI secara nasional lolos syarat ambang batas menuju parlemen senayan, sejumlah pengamat di Sulsel memprediksi berpeluangnya caleg DPR khususnya daerah pemilihan Sulsel 1.

Berdasarkan SIREKAP KPU, dimana PSI untuk Dapil Sulsel 1 sementara meraih suara partai dan caleg 42.174 dengan persentase 60 persen lebih. Salah satu caleg PSI bernama Benidiktus Papa, saat ini meraih 20.080 suara.

PDAM Makassar