kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Warga Kariango Tak Perlu Lagi Tandu Ibu Hamil, Jalan-Jembatan Akhirnya Rampung

banner 468x60

KABARBUGIS.ID – Pembangunan jalan dan jembatan penghubung antara Desa Letta dan Desa Kariango, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, telah selesai dilakukan.

Pengerjaan proyek ini dilakukan setelah kasus seorang ibu hamil yang meninggal setelah ditandu sejauh 7 km untuk mencari fasilitas kesehatan menjadi viral.

Pemprov Sulsel

Sebanyak enam unit jembatan dan perintisan jalanan sepanjang 5 km telah selesai dikerjakan pada pertengahan November.

Bupati Pinrang, Andi Irwan Hamid sebelumnya menjelaskan pemerintah daerah dan provinsi mengerjakan proyek tersebut setelah kasus ibu hamil dan anaknya yang meninggal tersebut menjadi viral.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan memberikan bantuan keuangan sebesar Rp 20 miliar, di mana Rp 10 miliar digunakan untuk pembangunan jalan dan jembatan di Desa Kariango.

"Selain itu, Gubernur juga meminta adanya dana sharing, sehingga terdapat tambahan pendanaan sebesar Rp 7 miliar dari APBD Pemerintah Kabupaten Pinrang. Jadi, total anggarannya adalah Rp 17 miliar," jelas Irwan Hamid.

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga, Cipta Karya dan Tata Ruang (Bima Cipta) Kabupaten Pinrang, Awaluddin, Kamis (7/12/2023).

"Alhamdulillah, pengerjaan semua enam unit jembatan serta pengerasan beton sepanjang 1,2 km dari total 5 km yang dirintis telah selesai 100 persen," kata Awaluddin.

Dia juga menjelaskan bahwa pembangunan jembatan dan jalanan tersebut berlangsung secara bersamaan.

"Penerimaan kontraktor konstruksi tersebut dilakukan bersamaan karena proses lelangnya juga dilakukan secara bersamaan," tambahnya.

Total anggaran yang dikeluarkan untuk proyek ini adalah sebesar Rp17 miliar.

Anggaran tersebut berasal dari dana sharing antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan APBD Pemerintah Kabupaten Pinrang.

PDAM Makassar