kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Viral Potensi Kolaborasi Sudirman-Adnan di Pilgub Sulsel 2024

Viral Potensi Kolaborasi Sudirman-Adnan di Pilgub Sulsel 2024
Ilustrasi Andi Sudirman Sulaiman dan Adnan Purichta Ichsan (Dok : KabarMakassar).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Beredar gambar mantan Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, diduetkan dengan Bupati Gowa dua periode, Adnan Purichta Ichsan, di media sosial jelang Pilgub Sulsel 2024.

Sebelumnya, nama Andi Sudirman Sulaiman sering mencuat dalam bursa Pemilihan gubernur (Pilgub) Sulawesi Selatan (Sulsel) mendatang.

Pemprov Sulsel

Pengamat politik Universitas Hasanuddin (Unhas), Andi Ali Armunanto, menyebut kolaborasi keduanya sebagai potensi besar dalam kontestasi politik mendatang.

Menurut Ali, kolaborasi antara Sudirman dan Adnan dengan latar belakang politik yang kuat, dapat menjadi kekuatan yang signifikan.

Apalagi, keduanya juga berasal dari keluarga politik yang terkenal, serta memiliki sumber daya politik, ekonomi, sosial, dan jaringan yang luas.

Ali menyebut, secara latarbelakang Sudirman Sulaiman mewakili komunitas Bugis, sementara Adnan sebagai anak kandung Mantan Bupati Gowa, Ichan Yasin Limpo mewakili komunitas Makassar.

Potensi kolaborasi antara keduanya akan membentuk kekuatan politik yang besar, menggabungkan dua kekuatan yang kuat dari dua klan politik yang berbeda.

“Apalagi survei sebelumnya menunjukkan bahwa kedua tokoh ini memiliki elektabilitas yang paling bagus di antara calon lain,” ungkap Ali, Senin (25/3).

Dibandingkan dengan nama-nama lain seperti Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, Wali Kota Pare-pare Taupan Pawe, dan Nurdin Halid, Ali menegaskan bahwa Sudirman dan Adnan memiliki elektabilitas yang lebih baik. Potensi besar dimiliki oleh keduanya apabila mereka berduet dalam Pilgub nantinya.

“Jika keduanya dipasangkan dengan dukungan jaringan politik dari keluarga Yasin Limpo dan Sulaiman, mereka akan menjadi kekuatan politik yang sulit untuk ditandingi,” tambahnya.

Potensi kolaborasi antara Sudirman dan Adnan dalam Pilgub Sulsel nantinya akan menjadi sorotan yang menarik dalam dinamika politik di daerah tersebut.

PDAM Makassar