kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Viral Di Goegle Trends, Ini Penyebab Akses Aplikasi Livin By Mandiri Drop

banner 468x60

KabarSelatan.id — Sejumlah warganet keluhkan penggunaan aplikasi Livin by Mandiri.

Keluhan itu bukan tanpa dasar, pasalnya akses penggunaan aplikasi Livin Mandiri tak bisa bertransaksi.

Pemprov Sulsel

Berdasarkan informasi, kejadian ini pun sempat viral dan tercatat di Google Trends dan menjadi urutan kedua informasi paling banyak dicari.

Dikutip Kompas, Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rudi As Atturidha mengatakan, saat ini transaksi nasabah melalui aplikasi Livin sudah bisa diakses secara bertahap. 

Dijelaskan, error-nya aplikasi Livin' by Mandiri disebabkan volume transaksi yang sangat tinggi sehingga berdampak pada kenaikan antrian di layanan aplikasi tersebut.

Sebenarnya apa yang menyebabkan sebuah aplikasi mengalami gangguan dan tidak dapat digunakan oleh End User lantaran pada seluruh Aplikasi Mobile yang ada merupakan buatan manusia. 

Agar bisa menghasilkan sebuah aplikasi yang ideal ada beberapa panduan yang harus diikuti oleh pengembang. 

Namun terkadang ada beberapa situasi aplikasi mengalami gangguan. Salah satu yang paling kerap terjadi disebabkan oleh gangguan akses internet. 

Pada dasarnya internet merupakan akses komunikasi data. Jika di analogikan, internet prinsipnya mirip seperti jalan raya yang dilalui kendaraan dari kota asal ke ke kota tujuan. 

Disaat kita mencoba mengakses informasi disebuah perangkat seperti smartphone, maka internet akan mengirimkan informasi itu ke pusat informasi dan mengirimkan kembali informasi tersebut kepada pemilik perangkat. 

Disaat internet mengalami gangguan, maka informasi itu tak akan dapat diterima dengan baik. 

Sama halnya, apabila jalan yang dilalui rusak maka laju kendaraan kita akan melambat higga ke kota tujuan atau kembali ke kota asal. 

Coba anda simak, pada video berikut ini aka menjelaskan bagaimana internet bekerja mengirimkan data.

Untuk kasus Livin By Mandiri, volume  transaksi mengalami peningkatan sehingga bisa diartikan jumlah orang yang meminta informasi menjadi banyak dalam satu waktu.

Jika di analogikan kembali ke jalan raya, disaat bersamaan ada banyak sekali kendaraan yang memaksa melalui satu jalan dalam kondisi yang sama. 

Solusi yang ditempuh jika sebuah aplikasi mengalami gangguan jaringan adalah, berhenti sejenak mengakses aplikasi.

So, Biarkan antrian akses data di urai terlebih dulu, agar kepadatan lalu lintas data menjadi lebih lancar. 

Namun jika Anda harus bersegera bertransaksi, ada baiknya reader berpindah perangkat, dari Mobile ke ATM. Karena akses data masing masing layanan biasanya dipisahkan. 

Jadi jangan panik jika Aplikasi Livin By Mandiri mengalami gangguan. 
Referensi : 

Ramli, Rully. R, 2022,"Aplikasi Livin' by Mandiri Error, Bank Mandiri: Sudah Bisa Secara Bertahap" https://money.kompas.com/read/2022/02/25/203418626/aplikasi-livin-by-mandiri-error-bank-mandiri-sudah-bisa-secara-bertahap?page=all.

Android Developer, "Detect and diagnose crashes", https://developer.android.com/games/optimize/crash?hl=id

PDAM Makassar