kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Viral Awan Hitam Seperti Ombak di Makassar, Berikut Penjelasan BMKG

banner 468x60

KabarMakassar.com — Viral video yang memperlihatkan awan hitam seperti ombak di atas langit Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Video viral yang beredar pada Senin (30/01) tersebut, tampak langit gelap dengan awan menggulung menyerupai gelombang ombak. 

Pemprov Sulsel

Dikutip dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar, fenomena awan hitam seperti ombak tersebut merupakan Awan Arcus.

Bentukan Awan Arcus merupakan bagian dari Awan Cumulonimbus yang mengakibatkan angin kencang, hujan lebat, angin puting beliung atau hujan es.

Awan tersebut berbentuk seperti ombak yang bergulung atau disebut juga awan roll.

"Beberapa hari terakhir Sulsel dilanda cuaca ekstrem. Terkait fenomena cuaca pada awan cumulonimbus. Awan jenis ini paling banyak mengakibatkan cuaca ekstrem," dikutip dari BMKG Sulsel, Senin (30/01).

Fenomena awan tersebut diketahui normal terjadi akibat adanya ketidaknormalan atmosfer dimana pertemuan massa udara yang lebih dingin dengan massa udara yang lebih hangat dan lembab.

Sementara itu, Stakeholder Relation Manager Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Iwan Risdianto membenarkan adanya fenomena tersebut.

Meski begitu kata dia  pelayanan di bandara tetap beroperasi.

"Iya, namun operasional bandara tetap berjalan," pungkasnya.

 

PDAM Makassar