kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Usia 14 Tahun, Unifa Perkenalkan Program RPL Sasar Pekerja Potensial

banner 468x60

KabarMakassar.com — Kampus Universitas Fajar (Unifa) memasuki tahun ke-14 menjadi kampus Entrepreneur pelopor kewirausahaan di Sulsel, Senin (8/8).

HM Alwi Hamu selaku founder dan pembina yayasan pendidikan fajar ujungpandang terus menyemangati para pengelola mulai dari pimpinan, dosen, staf, dan mahasiswa untuk selalu bersama dan tumbuh dalam kebersamaan.

Pemprov Sulsel

Rektor Unifa Muliyadi Hamid berharap Unifa bisa bangkit ditengah proses recovery dari dampak pendemi dan tentunya semakin ketatnya persaingan di industri pendidikan.

"Kepada segenap civitas akademika untuk terus tingkatkan komitmen dan menjaga soliditas dan mudah bertransformasi diri dengan perubahan yang cepat," harapnya.

Tidak hanya itu, ia menjelaskan bahwa pihaknya tidak henti-hentinya melakukan inovasi dan strategi untuk membidik calon mahasiswa potensial untuk bergabung dan memilih kampus Unifa.

Selain itu, Unifa juga memiliki program terbaru yakni Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) mulai dari peminat strata satu (S1) sampai dengan strata dua (S2).

"Selamat Milad Unifa Ke-14 tahun, serta bersamaan dengan diperkenalkannya program RPL," jelasnya.

Menurutnya, untuk program Pascasarjana misalnya, magister ilmu komunikasi (MIKOM) yang telah memperoleh akreditasi B dari BAN-PT, akan menyasar pekerja media, anggota dewan hingga para pranata humas di daerah yang kesulitan mendapatkan kesempatan kuliah program magister karena jarak dan kesibukan pekerjaan di kantornya. 

Magister Manajemen juga mempersiapkan diri untuk bisa menyelenggarakan RPL yang akan menyasar para pekerja di BUMN serta aparatur sipil negara (ASN).

"Solusi kongkrit dalam program RPL ini adalah menghargai pengalaman bekerja para calon mahasiswa untuk dikonversi dalam matakuliah sesuai aturan," ucap Ismail Marzuki dekan FPS Unifa.

Kampus Unifa akan membentuk dan memperkenalkan satu unit RPL sebagai tempat pengelolaan program RPL mulai dari promosi pendaftaran, asesmen di lapangan sampai diterimanya pada setiap prodi peminatan.

Sementara ada tiga prodi yang sudah siap dan memenuhi kriteria membuka program RPL yakni S1 Manajemen, S1 Teknik Kimia, dan S2 Magister Ilmu Komunikasi.

Pengelola Unit RPL Unifa, Ilham Safar menjelaskan bahwa proses atau teknis penerimaan Maba program RPL tetap dimulai dari promosi, pendaftaran, registrasi, asesmen serta diakhiri pemberian rekomendasi kepada calon potensial mahasiswa.

"Asesmen nantinya kita bagi dua yakni asesmen lapangan dan asesmen prodi, keduanya memberikan rekomendasi lanjut atau tidaknya calon mahasiswa tersebut diputuskan kembali di unit kami," bebernya.

Lebih lanjut ia menambahkan bahwa persyaratan penyenggaraan program RPL Unifa akan dilengkapi sampai bulan Agustus tahun ini, Ia menjelaskan bahwa persyaratan membuka program RPL minimal memiliki tiga indikator yakni prodi harus akreditasi B, memiliki unit RPL, dan mendapatkan rekomendasi dari pimpinan universitas serta memiliki sasaran yang jelas calon-calon yang akan masuk dalam program RPL tersebut.

"Ketiga persyaratan sudah kami miliki, sekarang sisa melengkapi persiapan dan koordinasi," ucapnya.

PDAM Makassar