kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250

Unismuh Makassar Buka Pendaftaran Beasiswa Untuk Maba, Cek Cara Daftarnya!

Unismuh Makassar Buka Pendaftaran Beasiswa Untuk Maba, Cek Cara Daftarnya!
(Foto : IST).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar kembali memberikan kesempatan emas bagi para calon mahasiswa berprestasi, penghafal Al-Qur’an, dan kader Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) melalui program Beasiswa Universitas Muhammadiyah Makassar (BUMM) untuk tahun akademik 2024/2025.

Hal ini diungkapkan Wakil Rektor II Unismuh Makassar, Prof Andi Sukri Syamsuri, di ruang kerjanya, Gedung Iqra, lantai 16, Kampus Unismuh Makassar, Jumat (13/06).

Pemprov Sulsel

“Alhamdulillah, Unismuh Makassar tahun ini menyiapkan beasiswa dengan nilai total 3,8 Miliar, untuk 1601 orang mahasiswa baru 2024,” ungkap Prof Andis, sapaan akrab Warek Bidang Keuangan dan SDM Unismuh Makassar itu.

Berikut beasiswa yang bisa didapatkan maba 2024 di lansir dari akun resmi unismuh makassar:

Beasiswa Prestasi

Beasiswa ini ditujukan bagi mahasiswa yang memiliki prestasi akademik tinggi. Terdapat empat kategori beasiswa prestasi berdasarkan nilai rata-rata rapor semester 1-5 saat duduk di bangku SMA/Sederajat.

Kategori pertama, dengan kuota 33 mahasiswa, menawarkan beasiswa penuh (100%) selama 8 semester bagi mereka yang memiliki nilai rata-rata minimal 95. Kategori kedua, dengan kuota lebih besar yaitu 347 mahasiswa, memberikan beasiswa 75% bagi mereka yang memiliki nilai rata-rata minimal 90. Sementara itu, kategori ketiga menyediakan beasiswa 50% bagi 292 mahasiswa dengan nilai rata-rata minimal 85, dan kategori keempat memberikan beasiswa 25% bagi 194 mahasiswa dengan nilai rata-rata minimal 80.

Beasiswa Hafidz Qur’an

Beasiswa ini diperuntukkan bagi siswa yang memiliki kemampuan menghafal Al-Qur’an. Terdapat empat kategori beasiswa berdasarkan jumlah juz yang dihafal.

Bagi 50 orang penghafal 30 juz mutqin akan mendapatkan beasiswa penuh (100%) selama 8 semester. Sementara itu, 50 penghafal minimal 20 juz mutqin berhak atas beasiswa 75%, dan 50 penghafal minimal 15 juz mutqin akan menerima beasiswa 50%. Tak hanya itu, Unismuh Makassar juga menyediakan beasiswa 25% bagi 150 penghafal minimal 5 juz mutqin.

Beasiswa Bibit Unggul Persyarikatan

Beasiswa Bibit Unggul Persyarikatan menjadi bentuk apresiasi Unismuh Makassar bagi para kader Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) yang telah berkontribusi dalam organisasi. Sebanyak 111 kuota disiapkan untuk mantan ketua, sekretaris, dan bendahara, Pimpinan Daerah (PD) atau Pimpinan Cabang (PC) IPM. Mereka berkesempatan meraih beasiswa penuh (100%) selama 8 semester.

Sementara itu, 111 mantan ketua dan sekretaris bidang di tingkat PD atau PC IPM dapat memperoleh beasiswa 75%. Tak ketinggalan, 213 mantan anggota bidang di tingkat PD atau PC IPM juga memiliki peluang untuk mendapatkan beasiswa 50%.

Proses Pendaftaran

Calon penerima beasiswa harus sudah terdaftar dan dinyatakan lulus pada program studi yang memiliki kuota beasiswa. Proses seleksi beasiswa meliputi pendaftaran online, pengisian formulir, validasi dokumen, serta tes wawancara dan hafalan (khusus Beasiswa Hafidz Qur’an). Hasil seleksi akan diumumkan melalui website dan media sosial Unismuh.

Pendaftaran BUMM dibuka mulai 7 Juni hingga 22 Juli 2024 melalui situs https://beasiswa.unismuh.ac.id/. Informasi selengkapnya juga dapat diakses melalui situs tersebut.

Selain memberikan peluang kepada para calon mahasiswa berprestasi dan penghafal Al-Qur’an, Unismuh Makassar juga terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan melalui berbagai program dan fasilitas pendukung. Beasiswa ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi para calon mahasiswa untuk terus berprestasi dan berkontribusi positif bagi masyarakat.

Unismuh Makassar, sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, berkomitmen untuk menyediakan pendidikan berkualitas bagi generasi muda. Melalui program beasiswa ini, diharapkan lebih banyak lagi siswa berprestasi dan berpotensi yang dapat mengenyam pendidikan tinggi tanpa terbebani masalah biaya.

Program Beasiswa Universitas Muhammadiyah Makassar ini tidak hanya menjadi langkah nyata dalam mendukung pendidikan di Indonesia, tetapi juga sebagai bentuk nyata dari implementasi nilai-nilai Islam dalam berbagi dan peduli terhadap sesama. Dengan total beasiswa yang mencapai 3,8 miliar rupiah, Unismuh Makassar menunjukkan komitmennya untuk memberikan akses pendidikan yang lebih luas bagi semua kalangan.

Selain itu, beasiswa ini juga merupakan wujud apresiasi bagi para penghafal Al-Qur’an yang telah menunjukkan dedikasi dan komitmen mereka dalam mempelajari dan mengamalkan ajaran Islam. Begitu pula bagi para kader Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) yang telah berperan aktif dalam organisasi, beasiswa ini menjadi penghargaan atas kontribusi mereka dalam membangun dan memajukan organisasi.

Dengan adanya berbagai kategori beasiswa yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan calon mahasiswa, diharapkan lebih banyak lagi siswa yang termotivasi untuk meraih prestasi akademik maupun non-akademik. Program ini tidak hanya membantu meringankan beban biaya pendidikan, tetapi juga mendorong para siswa untuk terus berprestasi dan mengembangkan potensi diri.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai persyaratan dan proses pendaftaran, calon mahasiswa dapat mengunjungi situs resmi Unismuh Makassar di https://beasiswa.unismuh.ac.id/. Jangan lewatkan kesempatan emas ini untuk meraih pendidikan berkualitas di Universitas Muhammadiyah Makassar!

PDAM Makassar