kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Unhas Terbaik MBKM 2023 Kategori Program Praktisi Mengajar

banner 468x60

KabarMakassar.com — Universitas Hasanuddin (Unhas) menerima penghargaan Terbaik MBKM Kategori Praktisi Mengajar dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada Malam Anugerah Merdeka Belajar 2023, Senin (29/5).

Bertempat di Gedung Trimurti, Prambanan Yogyakarta, Unhas menerima Anugerah Merdeka Belajar Subkategori Pendidikan Tinggi Akademik Penyelenggara Merdeka Belajar Kampus Merdeka Terbaik pada Program Praktisi Mengajar Tahun 2023. Prestasi terbaik ini merupakan yang kedua kalinya setelah 2022 lalu menerima prestasi serupa.

Pemprov Sulsel

Praktisi Mengajar (PM) merupakan bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kemendikbudristek yang menghubungkan mahasiswa Indonesia dengan praktisi yang kompeten melalui mata kuliah kolaborasi bersama akademisi.

Tujuannya agar mahasiswa dapat memperoleh ilmu dan kecakapan yang relevan dengan kebutuhan dan tantangan di dunia kerja.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. drg. Muhammad Ruslin, MKes PhD SpBM(K) yang mewakili Rektor Unhas dalam penerimaan anugerah tersebut menyampaikan, keberhasilan ini merupakan buah kerja bersama dari dosen pengampu mata kuliah kelas kolaborasi, PIC MBKM, program studi, dekan dan jajarannya, direktur pendidikan dan Tim Praktisi Mengajar Unhas.

"Dengan pemberian anugerah ini memberikan semangat buat kita semua untuk dapat bekerja lebih terencana dan lebih baik lagi serta semakin menunjukkan eksistensi Unhas secara nasional," ujar Prof Ruslin usai menerima penghargaan.

Kepala Subdirektorat Pembelajaran Mandiri, Makkarennu PhD menambahkan bahwa jumlah praktisi yang terlibat dalam program ini sebanyak 126 orang pada 120 kelas kolaborasi dari berbagai program studi di Unhas. Pelaksanaan kelas ini dimulai sejak 17 April 2023 dan akan berakhir pada bulan Juli 2023.

Diketahui, malam anugerah Merdeka Belajar ini merupakan rangkaian peringatan Hari Pendidikan Nasional 2023. Kemendikbudristek menetapkan bulan Mei 2023 sebagai Bulan Merdeka Belajar dengan mengusung tema “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”.

Bulan Merdeka Belajar dimeriahkan dengan beragam kegiatan, salah satunya yaitu puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional yang akan diselenggarakan pada 28-29 Mei di Yogyakarta dengan agenda kegiatan Karnaval Merdeka Belajar, dan pemberian anugerah.

PDAM Makassar