kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Unhas Kukuhkan Prof Tuti, Guru Besar Bidang Komunikasi Interpersonal

banner 468x60

KabarMakassar.com — Universitas Hasanuddin (Unhas) mengukuhkan jabatan professor pada Prof Dr Tuti Bahfiarti yang berlangsung di Ruang Senat Akademik Unhas, Lantai 2 Gedung Rektorat, Kampus Tamalanrea, Makassar, Rabu (21/06).

Prof. Dr. Tuti Bahfiarti, S.Sos., M.Si dikukuhkan sebagai Professor dalam bidang Ilmu Komunikasi Interpersonal dan juga sebagai guru besar ke-469.

Pemprov Sulsel

Rektor Unhas Prof. Jamaluddin Jompa, dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada professor yang dikukuhkan.

Ia berharap, dengan penambahan guru besar yang terus dioptimalkan akan berdampak pada pengembangan SDM yang semakin berkualitas.

“Kami berharap, para guru besar Unhas yang belum dikukuhkan bisa segera menyelesaikan rangkaian proses untuk bisa dikukuhkan secara resmi. Guru besar yang dikukuhkan memiliki bidang keilmuan yang diharapkan kedepannya bisa memberikan kontribusi lebih kepada masyarakat," ungkapnya.

Peningkatan SDM Unhas termasuk jumlah guru besar Unhas yang terus dioptimalkan merupakan Upaya strategis untuk menunjukkan keterlibatan Unhas dalam kehidupan masyarakat yang semakin optimal melalui ketersediaan sumber daya manusia berkualitas.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Prof. Tuti memberikan penjelasan tentang hasil penelitiannya yakni "Transformasi Komunikasi Interpersonal Dalam Konteks Sosial Budaya dan Kesehatan di Era New Media”.

Prof. Tuti menjelaskan transformasi komunikasi interpersonal bersifat kontemporer berkembang seiring perkembangan teknologi komunikasi dan informasi.

Penilaian komunikasi interpersonal menyebabkan realitas konteks budaya dan kesehatan juga ikut berkembang.

Keragaman media berimplikasi pada pengembangan kontemporer bidang komunikasi interpersonal.

Kasus pengembangan hubungan interpersonal bermedia akan beragam dalam konteks sosial budaya dan kesehatan.

Media menjadi perantara awal dalam proses pengembangan hubungan mulai tahap impersonal sampai interpersonal sebagai kebutuhan dasar manusia dalam berinteraksi sosial.

“Komunikasi interpersonal sebagai bentuk komunikasi antar manusia akan terus dirindukan keberadaannya. Pengembangan penelitian di era new media yang berorientasi pada digitally mediated communication akan semakin berkembang seiring perkembangan teknologi dari hubungan impersonal, interpersonal dan hyperpersonal communication,” jelas Prof Tuti.

Komunikasi interpersonal di masa kini telah mengalami pergeseran seiring perkembangan teknologi, misalnya perubahan perilaku individu dari media lama ke era media baru. Di masa yang akan datang penelitian komunikasi interpersonal baik tatap muka, dan perantaraan media akan semakin berkembang seiring perkembangan teknologi.

PDAM Makassar