kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Ungkapan Bahasa Makassar yang Sering Digunakan Anak Muda Saat Nongkrong

Ungkapan Bahasa Makassar yang Sering Digunakan Anak Muda Saat Nongkrong
(Foto : ist).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Saat berkumpul bersama teman terkhususnya bagi anak muda Makassar tidak lengkap rasanya mengekspresikan sesuatu tanpa melontarkan ungkapan-ungkapan dalam bahasa Makassar.

Ungkapan berikut ini sering di ucapkan anak muda ketika nongkrong bersama mulai dari kondisi cuaca hingga tingkah laku.

Pemprov Sulsel

1. Assala kauji

Ungkapan ini menjadi salah satu yang sering digunakan anak muda Makassar. Ini dapat diartikan sebagai, terserah kamu. Biasanya sering di tambah dengan kata saudara atau parner, ‘assala kauji saudara/parner’.

2. Rapa-rapa

Apabila melihat seseorang atau teman yang begitu tergesa-gesa kata ini akan dipakai. Kata ini ditujukan pada orang yang terlihat terburu-buru dalam melakukan sesuatu dan seringkali berakhir ceroboh dengan perbuatannya.

3. Matemija

Kata ini cukup sering di pakai oleh anak muda Makassar. Matemija sendiri memilki arti gawat atau waduh. Biasanya digunakan ketika lupa barang bawaan atau melakukan sesuatu yang fatal. Ungkapan ini juga menjadi salah satu kata yang paling sering terdengar saat nongkrong.

4. Ngapamo

Jika ada orang atau teman yang menunjukkan kesombongan biasanya anak muda Makassar akan mengatakan ‘ngapamo’. Ini juga bisa dipakai ketika ada teman yang menolak ketika dimintai bantuan artinya setara dengan, apa sih.

5. Bambang

Karena Makassar merupakan kota yang terik. Bambang menjadi salah satu kata yang hampir terucap setiap hari. Bambang sendiri berarti panas dalam artian terik. Biasanya kata ini menjadi pembuka dalam perbincangan, ‘weh bambangna ini kau e’.

6. Cipuru

Saat berkumpul bersama teman kata ini sering terucap. Biasanya setelah mengucapkan ungkapan ini akan berlanjut memesan makanan online atau berpindah tempat nongkrong untuk mencari makan. Cipuru sendiri berarti lapar.

Itulah tadi beberapa ungkapan bahasa Makassar yang sering di gunakan saat nongkrong bersama teman dan menjadi kata yang relate dalam kehidupan.

PDAM Makassar