kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Ulasan Pasca Debat Ronde Keempat, Siapa Paling Disorot Warganet!

Masing-masing cawapres Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming dan Mahfud MD.
banner 468x60

KabarMakassar.com — Debat Cawapres atau ronde keempat Pilpres 2024 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada pukul 19.00 WIB memberikan suasana berbeda.

Suasana yang begitu riuh menjadi hak rakyat rakyat Indonesia dalam menentukan pilihannya menjelang Pemilu pada 14 Februari 2024 mendatang.

Pemprov Sulsel

Dalam debat kali ini menghadirkan kontestan masing-masing Calon Presiden Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD. Masing-masing ketiga memiliki ciri khas saat adu argumen maupun gaya politik.

KabarMakassar.com memberikan ulasan dengan narasumber perihal sorotan publik pasca debat Minggu (21/1) malam.

Direktur Eksekutif Indeks Politika Indonesia Suwadi Idris Amir punya versi tersendiri. Dimana ia mengatakan bahwa dalam sebuah forum debat semua cawapres punya strategi mengungguli lawan debatnya.

Kata Suwadi, Gibran memaparkan programnya paling jelas, terukur, dan konsisten menjelaskan. Dibanding dua lawan debatnya.

“Adapun soal gimmik itu bagian dari model komunikasi gibran yang suka atau tidak suka lawannya harus siap patahkan dengan argumentasi,”ucap Suwadi kepada kabarmakassar.com, Senin (22/1).

“Jadi dalam forum debat cawapres harus menghadapi model komunikasi lawannya,”tambahnya.

Senada juga dikatakan Direktur Lembaga Riset Nurani Strategic Nurmal Idrus. Kata Nurmal, secara keselurahan, Gibran kali ini tampil lebih baik dengan penguasaan materi debat yang lebih maju daripada dua kandidat lainnya.

Andai ia mampu mengendalikan kekecewaannya kepada dua rivalnya dengan lebih tenang menghadapi mereka, maka sebenarnya Gibran bisa dianggap tampil sempurna tadi malam.

“Secara keseluruhan kita sudah bisa melihat kemampuan masing-masing kandidat cawapres dalam mengemukakan ide dan gagasannya,”tutur Nurmal Idrus kepada kabarmakassar.com.

Sementara itu, debat Cawapres sebelumnya yang digelar Jumat, 23 Desember 2023 lalu, calon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menjadi sosok yang paling disorot setelah debat kemarin.

Seperti dikutip Continuum Indef yang melakukan analisis respons masyarakat terkait Debat Cawapres 2024 menggunakan pendekatan big data.

Hasilnya, perbincangan warganet tentang pasangan Anies Baswedan dan Imin melalui platform X, dulu Twitter, mencapai 13.300. Angka ini jauh dibandingkan dengan pasangan calon lain, di mana Prabowo-Gibran 4.800 dan Ganjar-Mahfud 2.000.

Namun apakah perbincangan itu didominasi oleh sentimen positif Atau justru sentimen negatif? Riset tersebut melaporkan bahwa sentimen negatif terhadap Anies-Imin setelah Debat Cawapres 2024 sangat besar, jauh di atas pasangan calon lain.

Pasangan Prabowo-Gibran mengantongi sentimen positif sebesar 77,69% dan sentimen negatif 22,31%. Kemudian pasangan Ganjar-Mahfud mendapatkan sentimen positif 64,03% dan sentimen negatif 35,97%. Kontras dengan pasangan Anies-Imin yang hanya mendapatkan sentimen positif 4,27%.

“Rendahnya sentimen positif dari Cak Imin, disebabkan karena netizen menilai performanya selama debat kurang, dan bisa jadi menurunkan elektabilitasnya dengan Anies,”kutip hasil riset Continuum Indef, yang dimuat CNBC Indonesia pada Minggu (21/1).

Hasil riset Continuum Indef menyebut bila penilaian netizen diringkas dengan satu kata maka, Mahfud MD berpengalaman, Gibran outstanding, dan Cak Imin banyak blunder.

Periode pengambilan data tersebut dilakukan pada 22 Desember 2023 pukul 19.00-21.50. Riset mengumpulkan 23.424 pembicaraan dari 17.125 akun Twitter. Dalam analisa tersebut, puncak perbincangan terjadi sekitar pukul 20.00 WIB.

PDAM Makassar