kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Tulis Kumpulan Novel, Begini 4 Tips Hadapi Writer Block Bagi Penulis

Tulis Kumpulan Novel, Begini 4 Tips Hadapi Writer Block Bagi Penulis
(Foto : INT).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Istilah ‘writer’s block’ merujuk pada saat di mana penulis menghadapi kebuntuan dalam menuangkan ide untuk tulisannya. Tentu saja hal itu tidak boleh dibiarkan berlarut-larut karena bisa membuat penulis tidak bisa merealisasikan kumpulan novel yang ingin ditulisnya nanti. Jika Anda merupakan penulis pemula dan sedang mengalami ‘writer’s block’, simak tips untuk menghadapinya ini.

1.  Hindari Hal yang Bisa Mendistraksi

Pemprov Sulsel

Jika Anda merasakan kebuntuan dan kehabisan ide-ide saat sedang menulis, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghadapinya adalah dengan menghindari hal-hal yang bisa mendistraksi Anda untuk menulis. Salah satu hal yang bisa begitu mendistraksi para penulis pada era digital sekarang ini adalah keinginan untuk menyelami media sosial, sehingga membuat dirinya terpaku ke sana.

Nah, untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa mengatur waktu khusus yang dialokasikan untuk menggunakan smartphone dan mengakses media sosial yang Anda miliki. Selain itu, Anda bisa juga letakkan smartphone di ruangan lain, saat Anda sedang mendedikasikan waktu untuk mencari ide bagi cerita atau novel yang sedang Anda tulis.

2.  Cari Aktivitas Lain Selain Menulis

Tips selanjutnya untuk menghadapi writer’s block yang menyerang adalah dengan melakukan aktivitas lain di samping menulis. Lakukanlah aktivitas yang menyenangkan untuk Anda, bisa jadi itu aktivitas yang menjadi hobi Anda ataupun aktivitas baru yang belum pernah sama sekali Anda lakukan. Pastikan aktivitas itu memang mendatangkan kesenangan bagi Anda saat melakukannya.

Saat melakukan aktivitas-aktivitas lain yang menyenangkan tersebut, Anda akan bisa mendapatkan ide-ide baru untuk tulisan Anda. Ide-ide baru tersebut bahkan bisa terinspirasi dari aktivitas di dunia nyata alias pengalaman Anda sendiri saat melakukan aktivitas-aktivitas yang selama ini tidak terpikirkan untuk Anda lakukan sebelumnya.

3.  Baca Kumpulan Novel

Tahukah Anda dengan membaca novel lain bisa memberikan Anda inspirasi atau ide baru di tengah writer’s block yang Anda hadapi? Anda bisa baca kumpulan novel dari penulis lain dengan ide cerita yang tentunya tidak kalah brilian dan imajinatif, sehingga bisa memicu munculnya ide-ide baru dari pikiran Anda yang kebetulan sedang tidak begitu produktif.

Tidak harus membeli novel baru untuk bisa memperoleh inspirasi untuk cerita yang Anda tulis. Anda bisa kunjungi website baca novel online yang bisa diakses secara gratis, yang mana koleksi novelnya tidak kalah beragamnya. Ketersediaan novel dengan genre yang beragam di situs tersebut bisa menjadi sumber inspirasi untuk cerita yang sedang Anda tulis.

4.  Tulis Bagian Cerita yang Lain

Saat writer’s block melanda, Anda bisa juga coba untuk menghadapinya dengan cara menulis bagian lain dari cerita atau novel yang sedang ditulis. Misalnya saja, jika Anda kesulitan untuk menuangkan ide pada bagian perkenalan atau konflik dari cerita tersebut, tidak masalah jika Anda tuliskan saja dulu bagaimana Anda ingin konflik tersebut diselesaikan nantinya.

Tidak masalah jika bagian lain yang dituliskan tersebut masih berbentuk draft, hal yang penting adalah ada kemajuan dari cerita yang sedang Anda tulis. Dengan mengerjakan bagian cerita yang lain tersebut, Anda akan bisa tetap produktif dan bisa jadi akan mendapatkan inspirasi untuk bagian cerita lain yang sedang mandek idenya di pikiran Anda.

Bagaimana, sudah tidak pusing lagi bukan memikirkan bagaimana nasib cerita Anda karena sedang dilanda oleh writer’s block? Jangan putus asa saat ide cerita menguap dari pikiran Anda, Anda bisa coba untuk baca kumpulan novel dengan berbagai genre dari situs baca novel online seperti https://gooddreamer.id.

PDAM Makassar