kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

TPA Tamangapa Makassar Bergerak Demi Raih Adipura 2022

banner 468x60

KabarMakassar.com — Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Tamangapa, Kecamatan Manggala, saat ini tengah melakukan pembenahan setelah mendapatkan teguran dari Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto yang pesimis meraih piala Adipura tahun 2022.

Kepala UPT TPA Tamangapa Raya, Nasrun saat ditemui KabarMakassar.com menyampaikan jika pihaknya saat ini bergerak untuk melakukan pembenahan, mulai dari memperlebar jalur masuk truk hingga tidak terjadi antrian panjang masuk hingga zona pembuangan terpisah atau kolam Lindi (Limbah cair).

Pemprov Sulsel

"Saat ini jalur masuk TPA yang dulunya sempit hingga membuat antrian panjang kendaraan truk sampah sudah kami perlebar, jadi tidak ada antrian truk masuk ke dalam TPA ini lagi, kemudian kolam lindi juga kami sudah benahi juga," ujar Nasrun, Jumat (19/8).

Ajang Penghargaan kebersihan dan pengelolaan lingkungan perkotaan ini diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutannan (KLHK) bagi kota se-Indonesia ini memang cukup menitik beratkan ke penilaian di TPA.

"Jelasnya sesuai instruksi kami lakukan dengan baik, kita punya 60 orang yang bekerja 24 jam agar pembenahan di TPA ini berjalan dengan baik," tambah Nasrun.

Nasrun yang baru dua bulan lebih bekerja sebagai Kepala UPT TPA Tamangapa Raya perlahan melakukan pembenahan termasuk dengan menginstruksikan kepada petugas untuk lebih cepat bergerak.

"Petugas dalam sehari 60 orang dan kami bagi dua shift untuk bekerja di lokasi TPA yang luasnya 16,8 Ha ini," ujarnya.

Sementara itu, salah satu sopir truk sampah, Ryan mengaku akses jalur masuk ke TPA tidak lagi antre sejak kurang lebih sepekan terakhir.

"Iye ada satu minggu mi ndak antre mi masuk," ujarnya, Jumat.

Ia menyebut sudah ada lahan baru untuk membuang sampah di dalam TPA sehingga tidak lagi mengalami antrean. Sebab sebelumnya antrian truk di jalur masuk disebabkan karena lahan untuk membuang sampah tidak lagi memadai.

"Iye kan sekarang adami lagi lahan baru ditempati buang sampah di dalam jadi itu yang bikin tidak macet mi," pungkasnya.

Sebelumnya Wali Kota, Danny Pomanto kepada awak media  mengaku pesimis akan raihan perhargaan Adipura tahun 2022.

Dimana Tempat Pembuangan Akhir (TPA)  sampah dianggap menjadi salah satu indikator penilaian utama.

PDAM Makassar