kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Tokoh Luwu Susun Strategi Pembentukan Provinsi Tana Luwu

banner 468x60

KabarLuwu.com – Datu Luwu Andi Maradang Mackulau bersama sejumlah Tokoh Tana Luwu pertemuan, di Hotel D'Maleo, Sabtu (19/2/2022).

Pertemuan tersebut dalam rangka membahas penyusunan strategi pembentukan DOB Provinsi Tana Luwu.

Pemprov Sulsel

Selain Yang Mulia Datu Luwu Andi Maradang Mackulau, hadir juga Direktur Utama PT Jas Mulia, Dewi Sartika Pasande, Lutfi Andi Muthi, Andi Idha Nursanti, Syamsul Rijal, Badaruddin AP, Abduh Bakrie Pabe, Husmaruddin dan beberapa tokoh lainnya.

Datu Luwu, Andi Maradang Mackulau menjelaskan beberapa waktu lalu dirinya harus berkonspirasi dengan salah satu tokoh dari Tana Toraja.

Ia mengatakan bahwa dari hasil diskusinya tersebut Tana Toraja siap bergabung bersama Tana Luwu untuk membentuk Provinsi Tana Luwu.

“Tana Toraja juga telah membentuk tim untuk membicarakan lebih jauh. Ini yang membuat saya bergerak. Kenapa Toraja bergerak kita belum,” katanya.

Menurutnya, sejak Tahun 1400-an Tana Luwu memiliki hubungan erat dengan Tana Toraja.

"Sehingga bukan tidak mungkin kita akan bergabung untuk kembali bersama-sama merumuskan Provinsi Tana Luwu," ungkapnya.

Lebih lanjut, kata dia, dalam waktu dekat, Datu Luwu juga akan segera bergerak untuk meminta dukungan kepada tokoh-tokoh adat mulai dari Tana Luwu, Toraja hingga Kolaka.

“Ini kepentingan bersama. Jangan ada sekat-sekat dan kepentingan politik lainya. Kita semua harus bersuara. Tekat saya selama saya masi hidup maka saya akan terus berjuang,” ucap Datu Luwu.

Sementara itu, Mantan Bupati Luwu Utara
Muchtar Luthfi Andi Mutty pada kesempatan itu berbicara tentang komitmen dalam proses pemekaran Provinsi Tana Luwu.

“Kita butuh komitmen bersama. Kita juga harus bicara masalah teknis yang harus dirapikan. Jangan takut. Semua kepala daerah di Tana Luwu harus bersatu. Kita butuh dukungan sekarang. Bukan dukungan pada saatnya,” jelasnya. (*)

PDAM Makassar