kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

banner 468x60

KabarMakassar.com — Kesehatan gigi dan mulut memiliki dampak yang besar bagi kesehatan tubuh. 

Sariawan, gusi bengkak, bau mulut, atau gigi berlubang adalah beberapa contoh dari kesehatan mulut dan gigi yang buruk.

Pemprov Sulsel

Jika mengalami keadaan tersebut tentu akan mengganggu sekali bukan? Bahkan kondisi ini dapat berdampak pada hilangnya nafsu makan. Karena itu penting untuk mengetahui cara menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Berikut beberapa tips menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda versi KabarMakassar.com:

1. Sikat Gigi Rutin 
Menyikat gigi bermanfaat untuk membersihkan sisa makanan serta plak yang mengandung bakteri. Karena itu sangat dianjurkan untuk menyikat gigi dua kali dalam sehari. 

2. Gunakan Pasta Gigi Mengandung Fluorida
Fluorida adalah unsur alami yang dapat Anda temukan dalam kandungan pasta gigi.

Fluorida diserap tubuh lalu digunakan oleh sel-sel yang membangun gigi Anda dalam menguatkan enamel gigi. Fluorida juga merupakan pertahanan utama terhadap kerusakan gigi yang bekerja dengan cara memerangi kuman dan memberikan perlindungan alami untuk gigi Anda.

3. Lakukan Flossing
Flossing atau membersihkan gigi menggunakan benang gigi perlu dilakukan setiap sehari sekali. Flossing dilakukan untuk membersihkan kotoran yang tidak terjangkau oleh sikat gigi.

4. Kurangi Konsumsi Minuman dan Makanan Manis
Minuman dan makanan manis yang dikonsumsi secara berlebih dapat menyebabkan kerusakan pada gigi, akibatnya gigi menjadi berlubang.

5. Jangan Merokok
Tembakau pada rokok dapat menyebabkan gigi menguning dan bibir menghitam. Selain itu, merokok juga dapat meningkatkan risiko Anda terkena penyakit gusi dan kanker mulut. 

6. Rutin Lakukan Pemeriksaan
Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, Anda disarankan untuk melakukan pemeriksaan rutin ke dokter selama 6 bulan sekali. Ini untuk mendeteksi lebih awal jika ada masalah pada gigi, gusi, maupun rongga mulut.

Semoga bermanfaat. 

PDAM Makassar