kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Tips Mengatasi Stres saat Terjebak Macet Arus Balik Mudik

Tips Mengatasi Stres saat Terjebak Macet Arus Balik Mudik
Ilustrasi arus balik mudik (Dok : Kabarmakassar).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Macet sudah menjadi hal yang sering terjadi saat mudik, bahkan saat arus balik mudik lebaran. Hal tersebut biasa terjadi karena tubuh sudah rasa lelah dan terkadang membuat stres.

Untuk itu, simak penjelasan mengenai cara mengelola stres saat menghadapi kemacetan arus balik mudik, seperti yang dikutip dari lama Kemenkes, sebagai berikut:

Pemprov Sulsel

1. Buat kondisi tubuh yang nyaman, dengan mengatur tempat duduk, maupun mengatur suhu di dalam mobil.
2. Berkomunikasi dengan teman atau keluarga yang berada di dalam mobil, namun perlu diingat bahwa kita sedang menyetir sehingga tetap waspada dan perhatikan jalan yang ada di depan.
3. Makan cemilan yang kamu suka juga merupakan salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengusir stres selama berada di dalam perjalanan. Tetap perhatikan jumlah asupan yang masuk untuk menghindari kenaikan berat badan.
4. Bernapas dalam-dalam, cara ini memberikan efek menenangkan yang luar biasa saat kamu sedang stres akibat macet yang sedang terjadi.
5. Rencanakan perjalanan dan pilih jam yang tepat agar terhindar dari kemacetan parah.

Dengan menerapkan tips mengelola rasa lelah dan stres saat perjalanan arus balik mudik tersebut diharapkan bisa mengatasi lelah dan terutama rasa kantuk setelah melakukan perjalanan jauh.

Diharapkan juga, agar kiranya mengistirahatkan tubuh setidak-tidaknya sekali setelah melakukan perjalanan 4 jam atau lebih atau memeriksa kondisi tubuh di posko kesehatan terdekat.

PDAM Makassar