kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Tips Mengatasi Rasa Lelah dan Kantuk Saat Beraktivitas

Tips Mengatasi Rasa Lelah dan Kantuk Saat Beraktivitas
(Foto : ist).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Tak jarang rasa lelah dan kantuk sering menyerang saat sedang beraktivitas. Hingga, membuat kerjaan menjadi terhambat.

Namun, untuk mengusir rasa lelah dan kantuk saat beraktivitas merupakan upaya yang besar terhadap diri sendiri. Sebab, rasa lelah dan kantuk tak luput dari gaya hidup yang dilakukan di tiap harinya.

Pemprov Sulsel

Mulai dari, waktu tidur malam, mengawali hari dengan sarapan dan mengonsumsi air putih dengan jumlah yang banyak.

Akan tetapi, tak perlu khawatir, berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa lelah dan kantuk saat beraktivitas, yang diantaranya:

1. Mengatur pernapasan
Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa kantuk adalah dengan mencukupi kadar oksigen pada otak. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengatur pernapasan, seperti menarik napas dalam-dalam menggunakan perut, tahan sejenak lalu hembuskan napas lewat mulut. Ulangi cara ini kurang ini 10 kali bila merasa mengantuk.

2. Aktif di tempat bekerja
Maksud aktif disini adalah tidak hanya duduk seharian selama bekerja. Sempatkan waktu untuk berjalan kaki sejenak, seperti untuk ke toilet, mengangkat telepon, mengunjungi teman kerja di bagian lain untuk berdiskusi atau hanya sekadar bercanda, hingga ke masjid ketika waktu salat tiba. Karena hanya dengan lima menit berjalan kaki dapat menghilangkan rasa kantuk hingga satu jam setelahnya.

3. Beri waktu istirahat mata dari menatap komputer
Menatap layar komputer dalam waktu yang terlalu lama dapat menyebabkan mata lelah dan pikiran yang suntuk, sehingga dapat memicu rasa lelah, rasa kantuk hingga sakit kepala karena otot yang tegang. Oleh karena itu, alihkan mata dan perhatian dari layar komputer secara berkala, agar pikiran menjadi lebih segar dan untuk mengistirahatkan mata.

4. Mendengarkan musik
Mendengarkan musik merupakan salah satu cara yang juga dapat dilakukan untuk mengusir rasa kantuk. Dengarkan musik dengan irama yang bisa menghilangkan rasa kantuk, misalnya aliran musik rock atau pop. Namun, jangan lupa untuk menggunakan earphone ketika mendengarkan musik, agar rekan kerja tidak terganggu.

5. Mengonsumsi camilan
Pilih camilan yang sehat untuk dikonsumsi selama bekerja untuk melindungi diri dari rasa kantuk. Karena bila kadar gula darah terlalu rendah bisa mengakibatkan tubuh merasa lemas hingga mengantuk. Jadi, makanan ringan dapat membantu mengembalikan energi serta mengusir rasa kantuk.

PDAM Makassar