kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Tips Dekorasi Rumah Agar Lebih Nyaman Saat Lebaran

banner 468x60

KabarMakassar.com — Lebaran tinggal menghitung hari, masyarakat sudah mulai mepersiapkan dekorasi rumah agar terlihat lebih nyaman dan menyenangkan digunakan untuk kumpul keluarga.

Dekorasi ini meliputi warna cat dinding, furniture rumah, hiasan estetik hingga peralatan teknologi pembersih udara.

Pemprov Sulsel

Berikut ini tips dekorasi rumah untuk lebaran agar nyaman saat kumpul keluarga mengutip rilis Coway, Rabu (19/4).

1. Gunakan Cat Earth Tone

Earth tone atau warna alam sedang jadi tren dekorasi di dalam dan luar rumah. Warna yang meliputi krem, coklat, hijau army, dan sage ini bisa memberikan suasana ruangan terkesan homey.

Selain itu warna alam ini juga lebih netral dan mudah dipadupadankan dengan berbagai dekorasi dan ornamen lebaran, khususnya di ruang tamu yang akan jadi pusat aktivitas bersama keluarga.

2. Pilih Warna Dinding yang Terang

Meski earth tone mudah dikombinasikan, tapi tetap diusahakan pilih warna yang cerah. Warna cerah ini juga bisa membuat suhu ruangan lebih sejuk karena bisa memantulkan panas. Krem kecoklatan, ungu muda, hijau muda, abu-abu terang, dan biru muda dapat menjadi opsi.

3. Manfaatkan Peralatan Rumah Tangga Estetik

Ketika memilih perabot, tentunya fungsi menjadi pertimbangan paling utama. Namun banyak juga yang tetap ingin memperhatikan sisi estetika. Kombinasi antara kecanggihan teknologi dan perkembangan desain memungkinkan peralatan rumah tangga kini dapat mencakup keduanya yakni cantik sekaligus fungsional.

4. Perkuat Aksen dengan Tekstur

Untuk memberikan keseimbangan, perpaduan material tekstil halus dan kasar menjadi pelengkap ketika warna netral earth tone mendominasi ruangan. 

Misalnya, pemakaian serat kain yang bertekstur pada sarung bantal atau karpet bersanding dengan bahan sofa yang lembut. Penggunaan material kayu pada meja atau kursi juga dapat mendukung. Opsi lainnya, menempatkan tanaman segar atau rangkaian bunga dengan posisi dan proporsi yang pas.

5. Perhatikan Sirkulasi dan Kebersihan Udara

Ruangan yang menyejukkan secara visual tidak lengkap tanpa kenyamanan yang berasal dari sirkulasi udara dan kualitas udara yang baik. Aliran udara dari sistem ventilasi silang memungkinkan terjadinya pertukaran udara secara terus-menerus di dalam dan luar ruangan. 

PDAM Makassar