kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Tips Agar Tidak Loyo saat Berpuasa Walau Lupa Sahur

Tips Agar Tidak Loyo saat Berpuasa Walau Lupa Sahur
Ilustrasi (Foto : ist).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Meski telah berniat menjalani puasa sebulan penuh dengan semangat, terkadang ada saja kelalaian yang terjadi ketika akan berpuasa, seperti lupa bangun ketika sahur.

Dilansir dari laman resmi Halodoc yang telah ditinjau oleh dokter Verury Verona, apabila tidak makan sahur ada kemungkinan tubuh akan lemas dan kurang bertenaga seharian karena tidak mendapatkan sumber energi dari makanan atau minuman.

Pemprov Sulsel

Berikut cara yang dapat dilakukan agar tetap kuat menjalani puasa meski lupa sahur.

1. Mandi dengan air dingin dapat membuat tubuh menjadi lebih segar dan tidak mudah lemas. Sebelum memulai aktivitas, mandilah dengan air dingin, agar tubuh lebih segar saat berpuasa walau tidak makan sahur sebelumnya. Apabila suhu udara di kawasan tempat tinggal cukup panas, mandilah air dingin pada siang atau sore hari demi mencegah tubuh lemas

2. Ketika bangun pagi carilah sinar matahari. Cahaya terang, terutama sinar matahari berfungsi sebagai sinyal alami bagi tubuh supaya tetap terjaga. Hal ini karena tubuh bekerja mengikuti jam biologis (ritme sirkadian), dan diatur salah satunya oleh cahaya. Agar tetap bertenaga sepanjang hari, bukalah tirai jendela rumah, atau carilah celah matahari masuk.

3. Apabila ada kesempatan, cobalah untuk tidur siang. Tidur siang bukan hanya dapat mengganti waktu tidur yang biasanya berkurang di bulan puasa, tidur siang juga akan membuat tubuh berada dalam mode ‘berhemat’, sehingga tidak menghabiskan energi terlalu banyak. Hal ini juga akan membantu tubuh menjadi tetap kuat berpuasa hingga waktu berbuka walaupun tidak sahur.

Apabila tidak bangun sahur, jangan pernah berpikiran untuk tidak berpuasa. Terutama mengingat manfaat berpuasa di bulan Ramadan. Lakukanlah tips di atas agar dapat menjalani puasa dengan semangat.

PDAM Makassar