kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Tingkatkan Literasi Membaca Masyarakat, Lapas Bulukumba Siap Berkontribusi Maksimal

banner 468x60

?KabarSelatan.id — Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bulukumba siap berkontribusi maksimal dalam mewujudkan Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat dan Tingkat Kegemaran Membaca Khususnya Bagi Warga Binaan.

Salah satu bentuk kontribusi tersebut dengan Keikutsertaan Pengelola Perpustakaan Lapas Bulukumba dalam Workshop Peningkatan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) dan Tingkat Kegemaran Membaca Masyarakat (TGM) yang diikuti puluhan pegiat literasi se-Kabupaten Bulukumba.

Pemprov Sulsel

Workshop ini mengusung tema: "Penguatan Peran Perpustakaan dalam Peningkatan IPLM dan TGM menuju SDM Unggul dan Berdaya Saing".

Kegiatan Workshop ini dibuka langsung oleh Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf pada Selasa, 9 Mei 2023 yang juga dirangkaikan dengan pengukuhan Andi Herfida Attas sebagai Bunda Literasi Kabupaten Bulukumba Masa Bakti 2023-2026

Dalam sambutannya, Bupati berharap Bunda Literasi yang baru saja dikukuhkan dapat mendorong Gerakan Literasi di Kabupaten Bulukumba agar lebih meningkat dan semakin baik, dimulai dari lingkungan keluarga, guna mewujudkan Sumber Daya Manusia Bulukumba yang lebih Unggul dan Berdaya Saing sehingga akan berdampak pada Peningkatan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakatn (IPLM) dan Tingkat Kegemaran Membaca Masyarakat.

"Tingkat kegemaran membaca masyarakat Bulukumba masih sangat rendah, hal ini perlu menjadi perhatian kita semua bagaimana menciptakan program dan inovasi untuk meningkatkan kegemaran membaca" ungkapnya.

Usai dikukuhkan, Herfida Attas dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kepercayaan dan amanah yang diberikan kepadanya selaku Bunda Literasi Kabupaten Bulukumba. Ke depan, katanya, pihaknya akan mendorong lahirnya taman-taman baca di berbagai tempat, misalnya di ruang-ruang publik, bahkan kantor-kantor organisasi perangkat daerah (OPD).

Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Bulukumba, Andi Sri Arianti berharap melalui Workshop dan pengukuhan Bunda Literasi, dapat menjadi forum yang melahirkan gagasan dan inovasi dalam meningkatkan minat membaca masyarakat.

Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bulukumba selaku instansi vertikal yang melaksanakan pembinaan terhadap masyarakat yang menjalani proses pidana juga memiliki perpustakaan yang menjadi tempat warga binaan meminjam dan membaca buku. 

Di tempat terpisah, Kalapas Bulukumba Mut Zaini mengatakan bahwa kami siap berkontribusi maksimal dalam mewujudkan Peningkatan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat dan Tingkat Kegemaran Membaca Khususnya Bagi Warga Binaan.

"Kami akan meningkatkan pelayanan di perpustakaan sehingga akan lebih menarik minat warga binaan untuk membaca buku", ungkapnya.

PDAM Makassar