kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

TikTok Shop Ditutup Sore Ini

banner 468x60

KabarMakassar — TikTok mengumumkan secara resmi bakal menutup platform TikTok Shop pada sore nanti, Rabu (04/10) pukul 17:00 WIB.

Hal ini diumumkan pihak TikTok secara resmi sebagai bentuk ketaatan media sosial terhadap aturan yang telah ditentukan oleh Pemerintah Indonesia.

Pemprov Sulsel

"Kami tidak akan lagi memfasilitasi transaksi e-commerce di dalam TikTok Shop Indonesia, efektif per tanggal 4 Oktober, pukul 17:00 WIB", dikutip dari pengumuman resmi TikTok, Selasa (03/10).

Diketahui sebelumnya keputusan TikTok Shop menutup platformnyanya usai viralnya sejumlah Usaha Mikro Kecil Menentukan (UMKM) yang mengeluhkan kurangnya pembeli atau konsumen lantaran banyaknya orang yang berdagang melalui TikTok Live.

Sejumlah artis dan selebritis juga memanfaatkan TikTok Shop untuk berjualan live sehingga menambah kondisi penurunan konsumen pada pedagang pasar.

Hal ini juga ditanggapi Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan meminta pemerintah Indonesia untuk menutup TikTok Shop agar para UMKM dapat sejahtera secara merata.

Selain itu pihaknya hanya memperbolehkan TikTok untuk melakukan promosi dan tidak melakukan transaksi penjualan apapun

"Media sosial hanya boleh untuk promosi seperti TV. Jadi dia semacam platform digital jadi tugasnya mempromosikan," pungkasnya.

PDAM Makassar