kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

THE WUR Ranking Tempatkan Unhas Urutan ke-6 Nasional

banner 468x60

KabarMakassar.com — Universitas Hasanuddin kembali mendongkrak posisi perankingannya di kancah perguruan tinggi nasional. 

Berdasarkan rilis Times Higher Education World University Ranking (THE WUR) 2023 baru-baru ini, menurut Sekretaris Universitas Prof. Sumbangan Baja, M.Phil., PhD, saat ini Unhas menempati peringkat ke-6 perguruan tinggi terbaik di Indonesia. 

Pemprov Sulsel

“Artinya Unhas naik lagi tiga peringkat dari posisi 9 untuk THE WUR pada 2022 tahun lalu,” ungkap Prof. Sumbangan, Minggu (2/7).

Prestasi baik ini, lanjut Sekun Unhas berkat kerja keras semua pihak pada semua level universitas yang terus berupaya memajukan Unhas.

“Tentu kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak, terutama sivitas akademika Unhas atas capaian-capaiannya yang menjadi indikator utama dalam perankingan THE WUR ini,” bebernya.

Selain THE WUR, menurut Sekun Unhas, prestasi menggembirakan juga datang dari rilis The Impact Rankings yang menempatkan Unhas di posisi ke-9 dari posisi ke-11 tahun 2022 lalu.

“Alhamdulillah, artinya Unhas naik lagi 2 peringkat dari posisi tahun lalu,” ucapnya.

Sementara Kepala Pusat Peningkatan Reputasi Unhas Prof.Dr. Rohani AR, M.Si yang dihubungi secara terpisah membenarkan atas capaian-capaian Unhas yang menggembirakan tahun ini.  Dijelaskannya, untuk THE WUR itu dalam mengukur prestasi-prestasi perguruan tinggi di dunia menggunakan 13 indikator kinerja.

“Ke-13 indikator kinerja masing-masing perguruan tinggi ini kemudian dikelompokkan ke dalam 5 bidang utama untuk melakukan perhitungan pemeringkatan,” ucap Prof. Rohani.

Kelima bidang utama tersebut, lanjut Rohani, adalah bidang lingkungan belajar (bobot 40%), penelitian (30%), pengaruh riset/sitasi (20%), internasional outlook (7,5%), dan transfer pengetahuan (2,5%). 

Ketika ditanya kiat-kiat Unhas memperbaiki peringkat, menurut Rohani, dilakukan dengan melihat potensi Unhas yang memungkinkan untuk dikembangkan dari ke-13 indikator kinerja THE WUR.

“Indikator-indikator potensil itu kita tingkatkan dalam kurun waktu setahun ini,” tandasnya.

PDAM Makassar