kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Terus Berkelanjutan, RSKDGM Sulsel Persilahkan Pasien Celah Bibir Mendaftar

Terus Berkelanjutan, RSKDGM Sulsel Persilahkan Pasien Celah Bibir Mendaftar
(Foto : ist)
banner 468x60

KabarMakassar.com — Anak yang terlahir dengan keadaan celah bibir dan celah langit-langit akan mengganggu fungsi nutrisi bagi anak. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Direktur UPT Rumah Sakit Khusus Daerah Gigi dan Mulut (RSKDGM) Sulawesi Selatan, drg Wiwik Elnangti Wijaya.

“Sasarannya adalah semua masyarakat di Sulsel yang membutuhkan dan ini tidak terbatas pada kegiatan ini saja,” ungkapnya terkait dengan kegiatan baksos operasi celah bibir dan langit-langit yang dilakukan di RSKDGM Sulsel, Selasa (30/4).

Pemprov Sulsel

Ia menambahkan, kegiatan ini akan terus berkelanjutan.

“Hanya saja dalam hal ini terdapat keterbatasan sarana, dimana kami membatasi pasien hanya sampai 15 untuk tindakan 1 hari ini,” bebernya.

Wiwik menyatakan apabila ada pasien lain yang membutuhkan maka dipersilahkan untuk mendaftar, selanjutnya akan dijadwalkan kembali untuk mendapatkan penanganan.

Dokter Penanggung Jawab Bedah Mulut, drg Andi Arfandi mengungkapkan 15 pasien yang ada selanjutnya di lakukan skrining terlebih dahulu.

“Jika semuanya normal, kita masukkan di rawat inap, skrining lagi dari dokter anastesi,” jelasnya.

Ia menambahkan, nantinya dokter anastesi akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan apabila telah disetujui maka tahap berikutnya akan di operasi.

“Dari 15 itu 14 yang acc, satunya kita tunda. Tetap nanti bisa di operasi tetapi kita konsulkan ke dokter anak terlebih dahulu terkait berat badannya, karena berat badannya kurang,” pungkasnya.

PDAM Makassar