kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Sungai Galang Galang di Lembang Mulai Ditangani

banner 468x60

KABARBUGIS.ID – Sungai Galang Galang yang mengalami abrasi bakal segera dilakukan perbaikan. Hal itu berdasarkan tinjauan langsung Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pompengan Jeneberang di lokasi, Jumat (2/9).

Kepala Bidang Irigasi Pedesaan Dinas SDABK Kabupaten Pinrang, Husni Nakka, menyampaikan, jika permintaan untuk pengerjaan tanggul Sungai Galang-galang telah diterima dan direspons positif oleh pihal balai.

Pemprov Sulsel

"Tadi tim dari balai ada di lokasi. Untuk melakukan pengecekan terakhir, untuk persiapan pengerjaan esok hari," kata Husni Nakka

Husni merinci, tanggul yang telah mengalami abrasi cukup parah itu akan dibenahi ulang. Panjangnya sekitar 200 meter. Dan pengerjaannya ditargetkan selesai kurang lebih 1-2 bulan ke depan.

"Besok itu mulai pemasangan jumbo bag," bebernya.

Kepala Dinas SDABK Kabupaten Pinrang, Muhammad Jenal, bertutur, kondisi tanggul memang sudah sangat kritis. Apalagi sejauh ini, sudah terhitung sedikitnya ada 10 rumah yang telah dievakuasi akibat tanggul yang tak bisa lagi menahan luapan air sungai tersebut.

"Sudah lama sekali memang tanggul itu perlu diberi atensi. Setidaknya dengan pengerjaan ini, warga di sana tidak perlu khawatir lagi terjadi luapan air sungai," ungkapnya.

Terpisah Bupati Pinrang, Andi Irwan Hamid, mengaku, jika di Bumi Lasinrang memang tak sedikit atensi balai yang telah terealisasi. 

"Untuk tanggul itu sendiri, memang bukan wewenang Pemkab. Tetapi kondisi dan permintaan warga kami teruskan ke balai, alhamdulillah diberi respons cepat untuk penanggulangan," tutupnya.

PDAM Makassar