kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Sulsel Ikuti 12 Cabor di Pomnas XVIII Kalimantan Selatan

banner 468x60

KabarMakassar.com — Ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS)  XVIII siap digelar di Kalimantan Selatan pada 10-22 November 2023.

Kontingen Sulawesi Selatan mengikutkan 145 atlet, 55 pelatih, manager dan official di ajang ini.

Pemprov Sulsel

Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (BAPOMI) Provinsi Sulawesi Selatan mengirim atlet untuk 12 cabang olahraga (cabor) dari 18 cabang olahraga yang dipertandingkan. Kompetisi olahraga antar mahasiswa se-Indonesia ini berlokasi di Kota Banjarbaru, Banjarmasin dan Kandangan.

Ketua BAPOMI Sulsel, Prof drg Muhammad Ruslin PhD mengatakan, POMNas XVIII 2023 ini Sulsel mengikuti cabang olahraga Karate, Kempo, Pencak Silat, Renang, Bulutangkis, Voli Pasir, Tenis Lapangan, Atletik, Catur, Sepak Takraw, dan Futsal.

“Tahun 2022 di Pomnas Sumatera Barat kita menempati urutan 8 besar, target kita tahun ini adalah masuk 5 besar se-Indonesia,” ujar Prof Ruslin.

Prof Ruslin yakin, target tersebut bisa dicapai dengan melihat semangat dan kualitas atlet kontingen Sulsel. Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ini berharap dukungan dari para pelatih dan manager tiap cabang olahraga untuk mengawal serta mendukung para atlet dengan baik di lapangan.

Untuk pertandingan pertama dimulai dari cabor bola basket nomor 3×3 lalu cabor futsal pada tanggal 12 November 2023. Lalu tanggal 13 cabor atletik, pencak silat dan voli pasir. Tanggal 14 cabor kempo, catur, bulu tangkis dan sepak takraw. Tanggal 15 cabor renang,  dilaksanakan di Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan sekitar kurang lebih 3 jam dari kota Banjarmasin.

Berhubung venue tanding yang cukup jauh, khusus atlet renang disiapkan fasilitas penginapan dan transportasi di Kandangan. Lalu tanggal 16 cabor tenis lapangan, pertandingan terakhir cabor karate yang dimulai tanggal 18 November 2023.

Sekretaris Umum BAPOMI Sulawesi Selatan Abdullah Sanusi menyampaikan, hari ini kontingen Sulsel telah memberangkatkan 80 atlet untuk cabor basket, futsal, karate, voli pasir dan atletik. Pemberangkatan selanjutnya tanggal 11 November untuk cabang olahraga bulu tangkis, catur, sepak takraw, renang, tenis lapangan dan kempo.

Pemberangkatan terakhir tanggal 13 November dari cabang olahraga  karate sebanyak 18 atlet, 2 orang pelatih, 1 manager dan 1 orang official dari pengurus BAPOMI Sulsel.

PDAM Makassar