kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Stadion Mini Turatea Bergemuruh Mengiringi Dibukanya Bupati Jeneponto Cup I

banner 468x60

KabarSelatan.id —  Bupati Iksan Iskandar resmi membuka Festival Olahraga Tradisional Bupati Cup I Jeneponto 2023 di Stadion Mini Turatea. Kamis, (08/06).

Event tradisional kolaborasi antara Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) bersama Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) ini pun disesaki ratusan penonton dari atas tribun stadion.

Pemprov Sulsel

Bahkan, antusiasme penonton diperlihatkan saat sejumlah game tradisional di peragakan oleh peserta lomba. Baik itu game tradisional Bakiak/terompah, Galah asin, Engrang dan Cangke.

Keriuhan penonton semakin memuncak ketika menyaksikan penampilan aktraktif Atlit Nasional penunggang kuda panahan yang memperagakan Horsebeck archery.

Dalam sambutannya, Bupati Iksan Iskandar menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya, kepada Pengurus KORMI dan segenap jajaran Panitia Pelaksana. Khususnya, para peserta.

" Hal ini merupakan bukti seluruh masyarakat yang ada di tempat ini memiliki tekad yang sama untuk melestarikan olahraga tradisional yang kita miliki, sebagai bagian dari kearifan lokal yang harus terus dipelihara dan dikembangkan," ujarnya.

Lebih lanjut, Iksan Iskandar mengatakan festival ini merupakan sarana hiburan bagi masyarakat, edukasi dan rekreatif," ucap Iksan disambut tepuk tangan dan yel-yel penonton.

Oleh karena itu, saya berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan dan terus dikembangkan.

"Semoga wadah ini dapat membawa manfaat dan menjadi perekat bagi kita untuk memelihara Abbulo Sibatang yang dilandasi oleh semangat kebersamaan dan keberlanjutan," tutur Bupati 2 periode ini.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga DISPORA Jeneponto Suardi A. Kahar mengatakan kegiatan ini dapat melecut kembali semangat olahraga tradisional Butta Turatea.

"Gemuruh suara yel-yel peserta menggema menggetarkan tribun stadion mini memberi isyarat, bahwa olahraga tradisional menunjukkan geliat bangkit berjaya di jagad Turatea," cetus Suardi A. Kahar

Acara ini juga turut diramaikan dengan hadirnya Wabup H. Paris Yasir,  Sekda Muh. Arifin Nur, Kadispora HM Yusuf Pakkihi, Dandim 1425 Letkol Inf Agus Tanra, Kajari Susanto Gani, Wakapolres serta Pimpinan Pegadaian Cabang Jeneponto.

 

 

PDAM Makassar