kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Sop Konro Makanan Khas Makassar yang Wajib Anda Coba

banner 468x60

KabarMakassar.com — Bagi kamu pencinta kuliner, jangan lewatkan mencoba Sop Konro khas Makassar, yang menggugah selera.

Hidangan Sop Konro ini menjadi salah satu kuliner favorit masyarakat Makassar. Bahkan para pendatang yang berkunjung ke Sulawesi Selatan tak jarang juga menyukai hidangan yang satu ini.

Pemprov Sulsel

Sop Konro ini adalah makanan tradisional yang pada umumnya disajikan dengan burasa, ketupat, lontong, atau nasi putih. Sebagaimana sop lainnya, Sop Konro adalah makanan berkuah coklat kehitaman dengan bahan utama iga sapi serta berbagai jenis rempah-rempah pilihan.

Kuahnya yang gurih dengan rasa yang kaya akan rempah tersebut terdiri atas bawang merah, bawang putih, kemiri, pala, jintan, ketumbar, jahe, serai, cengkeh, kapulaga, hingga kayu manis. Perpaduan dari banyaknya rempah ini membuat rasa dari Konro cenderung pedas dan memiliki aroma yang kuat.

Selain itu, tekstur daging yang melekat pada tulang iga lebih kenyal dan empuk sehingga menambah cita rasa dari sop Konro ini.

Meskipun bahan utama dari Sop Konro adalah iga sapi, dulunya sop Konro terbuat dari tulang kerbau. Ketika masyarakat setempat akan melaksanakan ritual tertentu, mereka akan menyembelih kerbau dan mengambil tulangnya untuk dijadikan sop.

Seiring berjalannya waktu, utamanya ketika era 90an, masyarakat mulai berinovasi dengan beralih menggunakan tulang sapi untuk membuat hidangan ini. Bagi masyarakat Sulawesi Selatan, sop Konro adalah hidangan wajib saat melakukan perayaan-perayaan adat dan agama. Mulai dari hari raya, hingga pesta pernikahan.

Meskipun hidangan ini adalah masakan spesial pada hari-hari tertentu, namun kegemaran masyarakat akan sop Konro membuat hidangan ini banyak disajikan di warung atau rumah makan yang ada di Sulawesi Selatan.

Di warung-warung tertentu bahkan ada yang menyediakan varian Konro Bakar dengan bagian sop yang terpisah. Oleh karena populernya hidangan ini, jadi jangan khawatir ketika kamu ingin mencicipi semangkuk sop konro.

Kamu tidak harus menunggu datangnya hari-hari tertentu. Karena sop Konro banyak ditemui di rumah makan Makassar yang menjadi salah satu menu hidangannya. (Irsan).

PDAM Makassar