kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Sepi Penumpang, Pemerhati Minta Pemerintah Naik Teman Bus

banner 468x60

KabarMakassar.com — Angkutan umum Teman Bus Trans Mamminasata di Makassar menjadi sorotan sebab aktifitas operasinya yang sepi dari penumpang.

Pemerhati Transportasi, Munzil mengatakan pemerintah sebaiknya sekali-kali naik Teman Bus agar dapat menjadi role model bagi masyarakat.

Pemprov Sulsel

"Kita sangat berharap pak gubernur, pak wali dan forkopimda untuk care terkait ini misalnya sekali-kali naik Teman Bus untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa gubernur pun naik bus begitu," ungkapnya saat dihubungi, Jumat (02/06).

Ia mengungkap dari empat rute jalur Teman Bus hanya ada dua jalur yang diminati dan banyak penumpang yakni jalur Galesong dan Kampus Teknik Unhas.

Sementara itu untuk jalur PIP Barombong dan Salodong sangat sepi penumpang

" bahwa tranportasi teman Bus saat ini yang paling banyak diminati penumpang hanya di jalur Galesong dan teknik Unhas saja," sambungnya.

Padahal kata Munzil, Teman Bus untuk penumpang anak sekolah dan orang lanjut usia (lansia) masih digratiskan.

"Kita melihat ini setiap hari banyak anak sekolah yang berkendara sepeda motor padahal saat ini free lansia dan anak sekolah," ujarnya.

Ia pun meminta keterlibatan pemerintah saat ini sangat penting untuk mendukung keterisian penumpang Teman Bus guna mengurangi kemacetan dan risiko kecelakaan di jalan raya.

Para pejabat diminta untuk mewajibkan atau meminta para pegawainya menggunakan Teman Bus yang sudah sangat sesuai dengan standar operasional dan lebih nyaman.

"Faktor terpenting adalah juga bahwa bagaimana pemerintah kita mengintervensi dengan adil ini keterisian penumpang misalnya pimpinan kantor atau dinas mewajibkan pegawainya ke kantor menggunakan teman bus," bebernya.

PDAM Makassar