kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Seorang Jemaah Makassar Pulang Haji Kenakan Emas 180 Gram

banner 468x60

KabarMakassar.com — Seorang jemaah haji, Suharnati Dg Kanang tampak berbeda dari jemaah lainnya saat tiba di Asrama Haji Sudiang Makassar, Rabu (05/07).

Hal itu lantaran ia tiba dari kepulangannya menunaikan haji dengan mengenakan baju haji khas Bugis serta perhiasan emas senilai 180 gram.

Pemprov Sulsel

Perempuan berusia 46 tahun itu tergabung dalam pemulangan haji Embarkasi Makassar kloter 1 yang tiba hari ini di Asrama Haji Sudiang Makassar.

Suharnati mengaku penampilannya mengenakan emas hingga 180 gram diniatkan sejak awal mendaftarkan diri sebagai calon jemaah haji 13 tahun lalu.

"Saya sudah bernazar dari awal, belum mendaftar saya sudah nazar seandainya saya ke tanah suci bisa ndak ya saya begini (pakai emas)," ungkapnya.

Emas seberat 180 gram yang dikenakannya rupanya sebagian dibawa dari Makassar saat pemberangkatan sebanyak 80 gram dan selebihnya sekitar 100 gram dibeli langsung di Mekkah, Arab Saudi.

"Sekitar 80 gram saya bawa, ada 100 gram lebih saya beli," sambungnya.

Emas yang dikenakannya pun berupa kalung, gelang, cincin hingga anting yang dipakai saat tengah di dalam pesawat menuju Indonesia.

Ia mengaku bersyukur dan senang telah menunaikan ibadah haji dan pulang dalam kondisi sehat lantaran sebelum berangkat ia baru saja menjalani operasi pengangkatan empedu.

Menurutnya, selama di tanah suci Mekah ia diberikan kesehatan dan kesembuhan.

"Saya sembuh waktu disana karena pas mau berangkat dua hari sebelumnya itu saya operasi pengangkatan empedu, saya senang sekali tidak bisa berkata-kata," pungkasnya.

Suharnati merupakan jemaah asal Kota Makassar yang bekerja sebagai agen burger dan menunggu selama 13 tahun untuk menunaikan haji.

PDAM Makassar