kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Sentra Industri Olahan Hasil Peternakan Desa Alenangka Sinjai Segera Difungsikan

banner 468x60

KABARBUGIS.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai rencananya tahun ini bukan hanya mulai mengoperasikan Sentra Industri logam, Desa Lamatti Riattang, Kecamatan Bulupoddo tetapi juga Sentra Industri Olahan Hasil Peternakan, Desa Alenangka, Kecamatan Sinjai Selatan.

Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian dan ESDM (Disperindag) Sinjai, Muh Saleh membenarkan hal tersebut pasalnya sarana prasarana telah disiapkan dan siap difungsikan.

Pemprov Sulsel

“Jadi tempatnya sudah kita bangun, termasuk sarana dan prasarananya serta rumah produksi sudah disiapkan oleh Pemkab Sinjai, mereka tinggal masuk dan siap berproduksi," jelasnya, Selasa (2/8).

Rencananya ada 19 kelompok Industri Kecil dan Menengah (IKM) akan memproduksi berbagai hasil olahan peternakan mulai dari Bakso sapi dan ayam, Daging Beku, Nugget, Sosis, Kerupuk Kulit, Pengolahan limbah tulang untuk bahan baku pakan ternak, Abon daging hingga cornet.

"Di sentra industri ini ada 19 IKM yang akan memanfaatkan gedung ini. Mereka akan memproduksi berbagai olahan hasil peternakan seperti, bakso sapi dan bakso ayam, daging beku, nugget, sosis, kerupuk kulit, pengolah limbah tulang untuk bahan baku pakan ternak, abon daging, hingga cornet," urainya. 

Sementara Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa mengatakan sentra tersebut merupakan lapangan kerja baru dan menciptakan wirausaha baru sehingga pendapatan dan kesejahteraan masyarakat meningkat.

Diketahui, saat ini Pemkab Sinjai tinggal menunggu uji coba alat oleh instruktur dari pihak produksi alat sekaligus Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) untuk izin kelayakan dari rumah produksi agar kedepannya saat pemasaran tidak ada hambatan.

PDAM Makassar