kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Semarak FALAQ IV di Maros, Lahirkan Generasi Melek Aksara

banner 468x60

KabarMakassar.com — Festival Aksara Lontaraq (FALAQ) IV Tahun 2023 yang berlangsung di Gedung Serbaguna Kantor Bupati Maros sukses digelar.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari sejak Minggu hingga Senin, 19-20 November 2023 itu sukses melahirkan generasi melek aksara lewat berbagai agenda kegiatan.

Pemprov Sulsel

Mulai dari Seminar Internasional Penerapan Perda Literasi Aksara Lontaraq yang menghadirkan akademisi dan guru besar serta penerjemah Sure' I Lagaligo Prof Nurhayati dan Penelitian Bidang Paleografi asal Jerman Uli Kozok serta Bupati Maros A.S Chaidir Syam bersama dengan Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus Dinas Pendidikan Sulsel Andi Mashari Mappiara yang bicara tentang komitmen dan solusi penerapan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2023 tentang Literasi Aksara Lontaraq dan Sastra Bahasa Daerah di Sulawesi Selatan.

Selain itu, juga Lomba Fashion Show Duta Lontaraq yang menyeleksi para finalis menggunakan bahasa daerah dan Lomba Menyanyi yang mewajibkan semua peserta menyanyikan lagu daerah Sulawesi Selatan sehingga selama dua hari kegiatan, beragam bahasa daerah terus diperdengarkan dan digunakan.

Selanjutnya juga Lomba Stand Ekonomi Kreatif dan Lomba Mewarnai bagi anak-anak yang turut memeriahkan jalannya acara.

CEO dan Founder Kabar Grup Indonesia, Upi Asmaradhana mengapresiasi seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan dan berharap penerapan Literasi Aksara Lontaraq terus didorong di setiap wilayah di Sulawesi Selatan untuk melahirkan generasi yang melek aksara lontaraq.

"Semoga festival ini dapat menjadi bagian upaya pelestarian ke depan sehingga anak cucu kita masih mengenal ka, ga, nga, ngka", ungkapnya, Senin (20/11).

Sementara itu, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Maros, Amiludin menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang terlibat khususnya kepada Pemda Maros sebagai tuan rumah kegiatan.

Ia berharap, Festival Aksara Lontaraq terus diinisiasi setiap tahunnya di berbagai daerah agar sosialisasi tentang Literasi Aksara Lontaraq terus berjalan dan melahirkan generasi yang melek aksara lontaraq.

"Terimakasih kepada seluruh panitia dan kita sebagai tuan rumah terus berharap semoga kegiatan ini terus diinisiasi sehingga aksara lontaraq tidak hanya sampai di diri kita tapi terus berlanjut ke generasi kedepannya", pungkasnya

PDAM Makassar