kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250
News  

Sekda Minta Penyusunan RKPD Tahun 2024 Harus Lebih Cermat

banner 468x60

KabarMakassar.com — Sekretaris Daerah Kabupaten Maros, Andi Davied Syamsuddin memimpin jalannya Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Maros 2024 yang digelar di Baruga B Kantor Bupati Maros, Kamis (02/02).

Forum ini membahas isu-isu dan masukan pemangku kepentingan untuk perencanaan pembangunan daerah tahun 2024.

Pemprov Sulsel

Sekda Maros menekankan penyusunan RKPD tahun 2024 harus lebih cermat dan integratif. Ranwal RKPD ini kemudian akan dibahas lebih lanjut pada Musrembang yang rencananya akan dilaksanakan beberapa hari ke depan.

“Perencanaan itu harus matang, anggaran tidak boleh cair tanpa adanya perencanaan. Maka perlu perencanaan yang tepat sasaran. Menjadi solusi atas permasalahan yang dihadapi masyarakat dan berorientasi langsung dengan masyarakat,” pungkasnya.

Menurutnya, segala bentuk kekeliruan, ungkap Sekda, tentunya berawal dari perencanaan yang kurang tepat. Untuk itu menurut beliau, ada beberapa pendekatan yang harus diperhatikan dalam menyusun perencanaan.

“Ada pendekatan akademis, pendekatan partisipatif, pendekatan politis dan pendekatan bottom-up dan top-down. Bottom-up ini juga menjadi usaha kita mencegah korupsi,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Kepala Bidang Perencanaan Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bapelitbangda), Mustika Nurdin berharap, RKPD 2024 dapat berjalan sesuai dengan data dan kebutuhan masyarakat.

“Akan diselaraskan dengan visi pembangunan, isu strategis dan prioritas, juga dengan tema pembangunan 2024 yakni meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan wilayah dan pengembangan sumber daya manusia,” harapnya.

 

PDAM Makassar