kabarbursa.com
kabarbursa.com
banner 728x250

Sebanyak 5.818 Calon Mahasiswa Baru Lolos UTBK SNBT 2024 di Unhas

Sebanyak 5.818 Calon Mahasiswa Baru Lolos UTBK SNBT 2024 di Unhas
(Foto : KabarMakassar Andini).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Sebanyak 5.818 calon mahasiswa baru dinyatakan berhasil lolos dalam proses Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) tahun 2024 di Universitas Hasanuddin (Unhas).

Diketahui, pengumuman kelulusan secara resmi disampaikan secara online melalui laman resmi SNPMB atau melalui link mirror perguruan tinggi negeri. Khusus untuk Universitas Hasanuddin diakses melalui link https://snbt.unhas.ac.id pada hari ini, Kamis (13/06) mulai pukul 16.00 WITA

Pemprov Sulsel

Para peserta dapat mengakses dan melihat hasil pengumuman dengan menggunakan nomor peserta ujian dan tanggal lahir. Bagi peserta yang dinyatakan lulus, harus segera mempersiapkan diri untuk tahap selanjutnya, yaitu registrasi ulang di perguruan tinggi masing-masing yang dipilih .

Adapun informasi terkait registrasi ulang dapat diakses melalui situs web resmi masing-masing perguruan tinggi tujuan.

Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Hasanuddin, Nurul Ichsani mengatakan bahwa para peserta untuk waspada terhadap informasi palsu yang beredar pada berbagai platform media sosial yang berkaitan dengan status kelulusan peserta.

Selain itu, semua informasi hanya akan diumumkan melalui situs resmi Kemendikbudristek

“Hasil pengumuman bisa dilihat melalui akun masing-masing siswa, segala informasi tersedia dalam akun mereka yang harus diikuti dan telah terverifikasi kebenarannya. Semoga hasilnya memuaskan sesuai harapan,” ungkapnya

Ia menyebut Universitas Hasanuddin terus berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang berkualitas dan mencetak lulusan unggul dan berdaya saing.

“Dengan lolosnya 5818 calon mahasiswa baru, diharapkan dapat menjadi bagian dari generasi penerus bangsa yang siap berkontribusi dalam berbagai bidang ilmu dan profesi”, ungkapnya, Kamis (13/06)

Sementara itu, salah satu calon mahasiswa baru yang lolos, Tasya Amir mengaku sangat senang akan menjadi bagian dari Kampus Merah, julukan Universitas Hasanuddin.

Remaja asal Kecamatan Wotu Kabupaten Luwu Timur itu lolos pada pilihan kedua Jurusan Biologi setelah sebelumnya memilih empat tujuan program studi yang diminati diantaranya Fisioterapi, Akuntansi dan Administrasi Bisnis.

Meski tidak lolos pada pilihan pertama Jurusan Fisioterapi yang sangat diinginkannya, Tasya mengaku tetap bangga pada dirinya yang berhasil lolos di Unhas, mengingat begitu banyak para peminat yang memilih kampus tersebut.

“Saya sangat senang, walaupun bukan pilihan pertama yang lolos tapi saya bersyukur dan Alhamdulillah bisa lolos”, ungkapnya saat dihubungi, Kamis (13/06)

Tasya yang mengikuti ujian seleksi UTBK SNBT 2024 pada gelombang pertama itu berharap semoga dapat mengikuti seluruh proses pelaksanaan kuliah hingga dapat menjadi lulusan atau alumni Universitas Hasanuddin.

“Semoga kuat menjalani kuliah sampai lulus dan jadi alumni Kampus Unhas”, pungkasnya

Secara umum pada pelaksanaan UTBK SNBT 2024, Universitas Hasanuddin mempersiapkan dengan baik untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tersebut.

Tahun ini, jumlah peserta yang terlibat sebesar 20.222 orang dengan tim pengawas kurang lebih 1.000 orang dari dosen maupun tenaga kependidikan lingkup Unhas.

Pelaksanaan UTBK SNBT 2024 Universitas Hasanuddin menyiapkan 41 ruang dari 21 lokasi diantaranya enam lokasi di Kampus Unhas Gowa dan 15 lokasi di Kampus Unhas Tamalanrea.

Pelaksanaan UTBK SNBT terbagi dalam dua gelombang diantaranya yakni gelombang 1 dimulai 30 April, 2 – 7 Mei 2024 dan gelombang 2 dilaksanakan 14-17 Mei 2024.

Selanjutnya, proses registrasi ulang di Universitas Hasanuddin bakal diselenggarakan mulai tanggal 15-28 Juni 2024 dengan mengakses https://regpmb.unhas.ac.id . Setelah berhasil login, peserta mengisi biodata dengan cermat mengupload berkas sesuai dengan format yang dipersyaratkan
Jenis upload berkas yakni :
1. Scan pas foto terbaru latar belakang warna biru dengan pakaian warna putih tanpa atribut (tanpa logo/lambang)
2. Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
3. Scan Kartu Keluarga (KK)
4. Scan Ijazah / Surat Keterangan Lulus
5. Surat keterangan penghasilan pokok dan penghasilan tambahan/tunjangan orang tua (Ayah dan Ibu)/Wali
6. Bukti laporan SPT Tahunan Pribadi (Efilling) atau lampiran SPT tahunan PPh Wajib Pajak Orang Pribadi. Jika tidak memiliki SPT Tahunan pribadi, peserta mengisi form pernyataan tidak mempunyai NPWP/tidak membayar pajak.
7. Bukti bayar SPPT PBB. Jika tidak memiliki SPPT PBB, peserta mengisi form pernyataan tidak mempunyai SPPT PBB.
8. Form pernyataan kesanggupan membayar UKT apabila tidak ditetapkan sebagai penerima KIP-Kuliah (khusus untuk calon mahasiswa pelamar KIP-Kuliah).
9. Scan bukti pembayaran rekening listrik dua bulan terakhir
10. Scan 3 Foto rumah tempat tinggal yakni: (1) tampak full dari depan, (2) ruang tamu, dan (3) ruang dapur. File foto digabung dalam 1 file pdf.
11. Scan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dan/atau Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah dari Pemerintah / Program Keluarga Harapan (PKH). Berkas ini khusus bagi peserta dengan latar belakang ekonomi yang kurang mampu.

Prosesi penerimaan mahasiswa baru Universitas Hasanuddin akan dilaksanakan pada tanggal 12 s.d 16 Agustus 2024, Pengambilan Kartu Mahasiswa di fakultas masing-masing mulai tanggal 13 Agustus 2024 dan Kuliah Perdana Semester Awal 2024/2025 akan dilaksanakan pada tanggal 19 Agustus 2024.

PDAM Makassar