kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Sambut Lebaran Idul Fitri Ratusan Warga Tuppu Pinrang Pawai Obor

banner 468x60

KABARBUGIS.ID – Ratusan warga Tuppu, Kelurahan Tadokkong, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang menggelar pawai obor dalam rangka menyambut 1 Syawal 1444 Hijriah, tahun 2023.

Warga memadati sepanjang jalan nasional poros Pinrang – Polman Sulawesi Barat. Pawai obor yang terbuat dari bambu dan diiringi musik tradisional itu bertujuan mempererat tali silaturahmi dalam menyambut hari raya Idul Fitri 1444 H.

Pemprov Sulsel

"Tradisi pawai obor ini rutin dilakukan saat menyambut hari raya idul fitri," kata Ardi salah satu pemuda setempat kepada KabarBugis.id, Jum'at (21/4) malam.

Kata Ardi, tradisi pawai obor itu sekaligus sebagai ajang mempererat tali silaturahmi warga Tuppu, Kelurahan Tadokkong.

"Tentu ini sebagai ajang mempererat hubungan antar keluarga. Terutama keluarga yang baru pulang dari perantauan yang merayakan idul fitri di kampung halamannya," jelasnya.

Ia mengatakan pawai obor adalah kegiatan yang sudah menjadi tradisi turun temurun yang dilestarikan masyarakat Tuppu. Mereka yang merayakan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. 

"Bukan hanya memperkokoh persatuan, tradisi itu juga dilakukan, sebagai bentuk kegembiraan menyambut lebaran apalagi dua tahun terakhir terhalang Covid-19," ujarnya.

PDAM Makassar